Uji klinis Vaksin COVID-19 Sinovac Masih Terkendali, Relawan Terus Diawasi

Dalam penyelidikan SAE ini, otoritas Badan Pengawas Obat setempat tentu akan dilibatkan. Jeda atau

penangguhan pelaksanaan uji klinis obat atau vaksin merupakan prosedur standar dan biasa dilakukan untuk melakukan investigasi lebih dahulu atas KIPI serius yang ditemukan dalam penelitian.

Terkait dengan kasus SAE Vaksin COVID-19 Sinovac di Brazil, sudah ada pernyataan resmi dari Sinovac di http://www.sinovac.com/?optionid=754&auto_id=914 di mana Sinovac sudah melakukan komunikasi dengan Butantan Institute dan menyatakan kejadian SAE ini tidak ditemukan berhubungan dengan vaksin (co-incident)

Vaksin memiliki manfaat yang besar untuk memutus mata rantai penularan penyakit menular. Vaksin salah satu cara pencegahan penyakit menular yang tidak hanya diberikan kepada bayi melainkan kepada orang dewasa.

Vaksin tidak hanya memberikan kekebalan individu namun juga dapat menciptakan kekebalan massal atau disebut juga kekebalan kelompok.

Pemberian vaksin juga dapat mencegah penyakit yang dapat menimbulkan kematian maupun kecacatan. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan hampir 10 juta angka kematian dapat dicegah melalui vaksinasi. (antara/yan)

Tinggalkan Balasan