Roy Suryo Ungkap Tingkat Kemiripan Wanita Dalam Video Mesum dengan Gisel

JAKARTA– Pakar telematika Roy Suryo membeberkan kemiripan Gisella Anastasia dengan pemeran wanita dalam video mesum berdurasi 19 detik yang viral di media sosial sejak beberapa hari terakhir.

Mantan kader Partai Demokrat ini mengatakan, setelah sampel wajah dalam video tersebut dibuat perbandingan dengan wajah Gisella melalui foto-fotonya di Instagram. Perbandingan itu dibuat matrix yang meliputi perbandingan bentuk wajah, mata, hidung bibir dan jarak masing-masing.

Dia menilai, tingkap kemiripan wajah wanita dalam video itu dan Gisella berkisar 72 hingga 74 persen. Sehingga masih perlu diteliti lebih intensif.

“Jadi apabila kemarin saya menyatakan bahwa Video 19 detik yang disebut-sebut mirip Artis GA, masih harus diteliti lebih Intensif lagi, karena memang secara ilmiah dan scientific tingkat kemiripannya masih dibawah 75%, tepatnya adalah antara 72% sampai 74% dengan Software “Face Comparator (Recognizer)”. Papar Roy Suryo melalui pesan singkat yang diterima FIN, Senin (9/11).

Roy mengatakan, berdasarkan hasil itu, tetap perlu adanya asas praduga tak bersalah. Sebab ada banyak cara untuk bisa mengedit dan menggantikan wajah seseorang di dalam sebuah video.

“Sekarang ini sudah banyak juga Software yang bisa memanipulasi atau mengganti wajah seseorang dalam video, seperti DeepFake, ReFace dan sebagainya meski tentu ada metode untuk mengetahuinya.” Ungkap Roy Suryo

Dia menilai video itu sudah layak untuk lebih lanjut diuji keaslian oleh kepolisian agar ada kejelasan faktual dan kepastian hukum.

“Hal ini penting saya sampaikan agar kasus video ini segera mendapatkan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, sesuai dengab UU yang berlaku di Indonesia, apalagi dengan sudah adanya berbagai pihak yang melaporkannya kepada Pihak berwajib dan saya siap membantu dengan memberikan bukti-bukti Ilmiah Analisis di atas.” Pungkas Roy. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan