oleh

Longsor Ancam Jalur Tol Purbaleunyi

NGAMPRAH – Tebing setinggi 30 meter di dekat Tol Purbaleunyi KM 116 Bandung arah Jakarta mengalami longsor pada Rabu (28/10/2020) sore saat hujan deras mengguyur.

Lokasi longsor berada tepat di Kampung Parakan RT 03/08, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Titik longsor berjarak sekitar 50 meter dari ruas Jalan Tol Cipularang.

Beruntung longsor tersebut tidak sampai mengancam badan jalan tol karena jarak dari titik longsor cukup jauh. Ditambah lokasinya berada di bawah sawah yang membatasi badan jalan tol dengan titik longsor.

Baca Juga:  Liverpool Permalukan MU 4-2, Old Trafford Tak Lagi Angker

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo menjelaskan, longsor tersebut mengakibatkan tertimbunnya perkebunan milik warga seluas kurang lebih 50 meter persegi.

“Longsor di dekat Jalan Tol Purbaleunyi terjadi kemarin sore, kita dapat laporan langsung cek ke lokasi. Memang di dekat tol, tapi jaraknya sekitar 50 meter jadi masih aman,” kata Duddy, Kamis (29/10).

Hujan dengan intensitas tinggi dam durasi cukup lama disinyalir menjadi penyebab longsor tersebut. Belum lagi kondisi lereng yang curam dan kondisi tanah yang labil membuat longsor sangat mudah terjadi.

Baca Juga:  Volume Kendaraan Menuju Sumedang Masih Landai, Polisi Siapkan Antisipasi Jika Terjadi Lonjakan

“Penyebabnya ini karena hujan deras jadi tanah terus tergerus air sampai akhirnya longsor. Kondisi tanahnya juga labil, tapi jarak titik longsor dengan badan jalannya cukup jauh, sekitar 50 meter jadi tidak mengancam,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga