oleh

Pemerintah Mematok Batas Tarif Test Swab Mandiri Rp 900 Ribu, Jika Lebih Laporkan!

BANDUNG – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menetapkan biaya layanan pemeriksaan tes untuk mendeteksi penularan covid-19 maksimal Rp 900 ribu di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita mengimbau, masyarakat yang melakukan swab test mandiri untuk melapor apabila harus membayar melebihi batas harga yang telah ditentukan.

“Ketetapan dari harga tes swab covid-19 yaitu Rp 900.000 otomatis harga yang ditetapkan kepada siapapun harus sesuai, jangan melebihi ketentuan,” ungkap Rita di Balai Kota Bandung, Senin (19/10).

Baca Juga:  Garuda Indonesia Larang Hp Vivo Masuk Kargo Udara

Sejak Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang disahkan oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Abdul Kadir pada Senin 5 Oktober 2020,  sejauh ini belum ada laporan pihak yang menjual di atas tarif Rp 900 ribu.

“Kalau ada pasti kita akan menegur,” tegasnya.

Dikatakan Rita, pihaknya belum sampai kepada tahap pemberian sanksi, apabila ditemukan Rumah Sakit (RS) yang menerapkan harga PCR di atas Rp 900 ribu.

Baca Juga:  Komentar Kocak Para Netizen yang Tanggapi Bayaknya Gelandangan WNA di Bali

“Belum sampai ke sanksi, tapi kami ingatkan saja, kalau kami mendapat laporan ada yang lebih dari Rp 900 setidaknya harus disesuaikan dengan surat edaran itu,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga