Ingin Libatkan Generasi Muda, Wabup Hengky Gagas Satgas Kebencanaan Milenial

PADALARANG – Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menginginkan agar generasi milenial di Kabupaten Bandung Barat terlibat saat pra dan pasca kejadian bencana.

Untuk itu Hengky menggagas pembentukan Satgas Kebencanaan Milenial. Hal itu juga karena KBB merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana alam terutama saat musim hujan seperti longsor dan banjir bandang.

Hengky bakal memberikan kesempatan pada 50 pemuda dan pemudi milenial di KBB untuk bergabung dengan satgas bentukannya. Saat ini proses pendaftaran masih berjalan.

“Kita tahu kalau KBB ini kam wilayah yang rawan bencana. Makanya saya membentuk satgas kebencanaan sebagai langkah mitigasi dan penanganan saat terjadi bencana,” ungkap Hengky, Senin (19/10).

Peran Satgas Kebencanaan saat pra bencana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Sementara pasca bencana bisa dilibatkan pada trauma healing bagi korban dari kalangan anak-anak.

“Nantinya satgas tersebut akan mengedukasi masyarakat terkait penanganan bencana, survive dari bencana, yang intinya meminimalisir korban,” terangnya.

Rencananya berbagai pelatihan dan seminar akan diberikan pada anggota Satgas Kebencanaan agar mereka memiliki bekal untuk menyampaikan edukasi soal mitigasi, penanganan bencana, hingga trauma healing.

“Pelatihan baik secara keterampilan maupun pengetahuan terkait kebencanaan akan diberikan. Selain itu secara mental pun akan ditempa dengan melibatkan pihak militer,” katanya.

Sejauh ini generasi milenial belum banyak terlibat dalam penanganan bencana di Kabupaten Bandung Barat. Untuk itu pihaknya ingin lebih melibatkan peran serta milenial dalam penanganan bencana.

“Belum banyak, karena biasanya ketika bencana alam datang yang dilibatkan itu kan BPBD, komunitas, atau yang sudah berpengalaman. Nah dengan adanya satgas kebencanaan mereka bisa membantu, kalau tidak di lokasi bencana mungkin di posko,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan