oleh

Deklarasikan Pilkada Aman, Sehat dan Damai

SOREANG – Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) Ka­bupaten Bandung dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bandung Raya, Sabtu (17/10) mendeklarasi­kan diri mendukung tersel­enggaranya Pilkada aman, sehat dan damai.

Tekad kedua organisasi war­tawan di Kab Bandung terse­but, diwujudkan dalam aca­ra sosialisasi pelaksanaan peliputan, pemberitaan dan penyiaran oleh pers pada Pilkada di masa Pandemi Covid 19 yang diinisiasi KPU Kab Bandung.

Pada acara tersebut juga, disampaikan enam poin de­klarasi. Yakni, menolak se­gala bentuk intervensi dan kekerasan terhadap pers, me­nolak berita hoaks dan isu sara, serta melaksanakan kode etik jurnalistik dan men­junjung tinggi kebhinekaan dalam proses peliputan, pem­beritaan dan penyiaran Pil­kada 2020 Kab Bandung.

Selain itu, kedua organisasi wartawan itu berkomitmen mendukung suksesnya Pil­kada aman, damai, sehat, demokratis dan berintegritas. Kemudian senantiasa mene­rapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas, serta bertanggung jawab atas segala bentuk pelanggaran sesuai dengan ketentuan pe­raturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua PWI Kabupaten Bandung Rahmat Sudarmaji mengatakan, sebagai tindak lanjut komitmen ini, pihaknya akan mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) peliputan di masa pandemi Covid-19. SOP ini, dipandang relevan mengingat kasus terin­feksi Covid-19 masih relatif tinggi.

”Kami akan menerbitkan Surat Edaran tentang SOP Peliputan. Nanti kita edarkan kepada semua stakeholder,” ujar Rahmat, usai mengha­diri acara Sosialisasi Prosedur Peliputan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, di Rumah Makan Sarumpun Dapuran Awi, Panyirapan, Soreang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga