oleh

Tes Swab Kontak Pasien Covid-19 Gratis

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menegaskan pemeriksaan uji spesimen melalui tes usap atau Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19 tidak dikenakan biaya alias gratis.

Menurut Doni, pemerintah pusat telah memberikan reagen ke berbagai daerah untuk melakukan uji sampel spesimen COVID-19. Sehingga, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas dapat memberikan pelayanan dan penanganan COVID-19 gratis berbasis data.

Baca Juga:  Hebat, Desa Cilayung Sumedang Masih Termasuk dalam Zona Hijau Covid-19

“Untuk yang di Puskesmas seharusnya gratis atau tidak dipungut biaya. Karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Satgas COVID-19. Kemudian juga Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota juga ada yang menyelenggarakan pengadaan reagen sendiri,” tegas dalam diskusi di Graha BNPB Jakarta, Jumat (9/10).

Dia meminta agar masyarakat melapor apabila masih ada pihak yang memberikan beban biaya untuk melakukan tracing, dari kontak erat salah satu pasien COVID-19 dengan Swab PCR. “Kalau mungkin masih ada pungutan-pungutan, mohon bisa diinformasikan, sehingga kami bisa mencari solusinya,” terang mantan Danjen Kopassus ini.

Baca Juga:  Vaksinisasi Gotong Royong Akan Segera Diinformasikan ke Pelaku Industri di Bandung

Menurut catatan Doni, awalnya Pemerintah Indonesia hanya memiliki 1 laboratorium yang berfungsi. Yakni Balitbankes Kemenkes. Kemudian seiring perkembangannya, laboratorium dapat diperbanyak hingga 374 unit dan tersebar di sejumah daerah dengan kapasitas dari uji sampel mencapai rata-rata di atas 35 ribu spesimen.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga