oleh

Bukan Bagian PAN, Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat

JAKARTA – Amien Rais mendeklarasikan partai barunya dengan nama Partai Ummat. Hal ini pun ditanggapi oleh elite Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil ‎Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi‎ mengatakan, dengan deklarasi Partai Ummat tersebut maka Amien Rais secara resmi telah keluar dan meninggalkan partai berlambang matahari ini. “Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN,” ujar Viva Yoga kepada wartawan dilansir dari JawaPos.com, Kamis (1/10).

Baca Juga:  Dari Musisi Sampai CEO, Berikut Daftar Anak Muda Indonesia yang Masuk Forbes Under 30 Asia 2021

Viva mengatakan, memang Amien Rais merupakan salah satu pendiri partai berlambang matahari tersebut. Amien juga pernah menjadi Ketua Umum PAN periode 2000-2005.

“Oleh karena itu, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN,” katanya.

Viva Yoga juga menegaskan, secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi nasionalis-religius. Sedangkan Partai Ummat itu partai Islam.

“Perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Komisi V : Program Kolecer Harus Menyentuh Hingga Masyarakat Desa

Meski begitu, Viva Yoga mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik. Viva Yoga menambahkan, PAN tidak ada program khusus berkaitan dengan berdirinya Partai Ummat.

Dia menjelaskan, saat ini PAN tetap fokus untuk menyelesaikan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa. Di antaranya melalui kegiatan permusyawaratan, membuat program kemanusian untuk membantu pemerintah memberantas pandemi Covid 19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga