Mau Belajar Budidaya Ikan dan Urban Farming? Silahkan Datang ke Jl Sekemala Ujungberung

BANDUNG – Kecamata Ujungberung Kota Bandung memiliki kawasan pertanian dengan konsep terpadu Sein Farm atau Sekemala Integrated Farming.

Kawasan yang baru saja diresmikan Wali Kota Bandung itu, menjadi wahana edukasi pertanian bagi warga Kota Bandung untuk mempelajari berbagai budidaya tanaman, peternakan dan perikanan.

’’Kawasan ini, memiliki beberapa kegiatan pertanian seperti budidaya ikan, peternakan dan budidaya tumbuhan hidroponik,’’kata Gin Gin kepada wartawan, Selasa, (29/9).

Menurutnya, masyarakat yang berkunjung akan diberikan penjelasan terkait berbagai elemen yang ada di kawasan tersebut.

“Sebetulnya ini media pembelajaran, yang mau belajar dan bertani, bercocok tanam bisa disini. Nanti dilakukan pendampingan, kalau ada benih yang bisa dikembangkan selama komunitas mau bisa (dikasih),” ucap Gin Gin.

Lebih lanjut Gin Gin menjelaskan, konsep kawasan pertanian terpadu mengacu kepada program buruan sehat, alami, ekonomis (sae) yang meliputi kegiatan urban farming. Namun, pada kawasan tersebut terdapat juga budidaya ikan melalui bioflok dan menanam padi di sawah.

“Budidaya pertanian selama ini mengandalkan padi, kita kombinasikan berbagai pangan, ternak, ikan dan hidroponik. Prinsipnya optimalisasi pemanfaatan lahan pangan, biasa digunakan satu jenis dan penggunaan air menggunakan hujan. Sekarang efisien (air).bisa dari hasil ikan atau hidroponik,” paparnya.

Untuk budidaya ikan lele menggunakan media bioflok. Masing-masing bioflok memiliki diameter 2,5 meter serta tinggi 120 cm dengan kedalaman air disesuaikan dengan ukuran lele yang dibudidayakan.

“Kita tanami 1.000 sampai 1.500 lele ukuran 7×9 cm (tiap bioflok). Nanti besar dilakukan pemilahan bergantung kapasitas,” jelasnya.

Ia menambahkan, sistem pengairan di kawasan pertanian terpadu berasal dari sumber air utama yang mengalir ke kolam bioflock. Selanjutnya, air yang sudah ditampung beberapa hari itu dialirkan ke sawah untuk padi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap, keberadaan Sein Farm dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat untuk menciptakan kawasan pertanian di wilayahnya masing-masing. Selain itu, diharapkan keberadaannya dapat mendorong ketahanan pangan.

“Ini menjadi bagian upaya menghadirkan mengedukasi masyarakat untuk bersama sama menghadirkan kemandirian pangan. Dan kawasan pertanian terpadu ini, saya kira bisa menjadi kawasan wisata bagi masyarakat. Sebab memiliki pemandangan yang bagus. Ini kita dorong agar bisa menjadi destinasi wisata,” ungkap Oded. (mg7/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan