Area Hutan di Kaki Gunung Tangkuban Parahu Terbakar

NGAMPRAH – Hutan di area Gunung Tangkuban Parahu , Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Selasa (8/9/2020) dikabarkan terbakar.

Belum diketahui lokasi tepat dan material yang terbakar, namun nyala api terlihat hingga puluhan kilometer. Masyarakat dan petugas Perhutani Bandung Utara tengah melayani menuju titik kebakaran.

Titik api warna kemerahan terlihat dari Kecamatan Parongpong, KBB. Warga lokal mengabadikan kebakaran tersebut dengan rekaman video atau foto yang kemudian di media sosial.

Administratur Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara Komarudin membenarkan bencana bencana kebakaran hutan di sekitar Tangkuban Parahu. Namun ia belum bisa memastikan lokasi pasti keberadaan titik api tersebut.

“Belum diketahui kejadiannya jam berapa. Titik koordinat pasti titik apinya juga belum ada karena anggota dan masyarakat sedang naik ke atas, sinyal juga terbatas,” kata Komarudin dilansir ayobandung, kemarin.

Anggota Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat menuju ke lokasi kebakaran diinstruksikan langsung melakukan pemadaman.

“Anggota dan LMDH sedang naik, nanti kalau sudah ketemu lokasinya akan dilakukan pemadaman dulu lalu laporan menyusul. Termasuk soal titik api, jam berapa kejadian awal, penyebabnya, dan luas area yang terbakar,” tuturnya.

Untuk melakukan pemadaman kebakaran di area yang sulit dicapai oleh kendaraan itu, anggota dan masyarakat dibekali peralatan jet shooter.

“Kalau ke lokasi seperti ini yang dibawa oleh jet shooter, karena kalau APAR berat pastinya. Peralatan lainnya juga cangkul dan golok,” jelasnya. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan