Mendikbud Umumkan Siswa Dapat Pulsa Gratis Empat Bulan

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Na­diem Makarim mengatakan bahwa para siswa dan ma­hasiswa akan mendapatkan bantuan pulsa untuk men­jalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bantuan ini akan bergulir hingga 4 bulan ke depan.

Siswa akan mendapat bantu­an 35 GB per bulan, kemudian untuk guru sebanyak 45 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

“Selama ini dalam beberapa minggu terakhir melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah dan alhamdulillah kami telah mendapat dengan dukungan beberapa kemen­terian untuk anggaran pulsa para peserta didik kita di masa PJJ ini, saya dengan senang hati mengumumkan hari ini,” ungkap Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR secara daring, kemarin (27/8).

Untuk anggaran pulsa, biaya yang akan dikeluarkan sebesar Rp 7,2 triliun. Adapun, untuk pemberian pulsa gratis tersebut akan diserahkan kepada pihak sekolah dengan waktu hingga 4 bulan ke depan.

Selain itu, guru dan dosen pun juga akan mendapatkan tamba­han penerima tunjangan pro­fesi. Alokasi anggaran yang dise­diakan sebesar Rp 1,7 triliun.

“Kami sudah mendapat per­setujuan untuk anggaran sebe­sar sekitar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami ker­ahkan untuk pulsa atau kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan ini. Di luar itu kami juga sudah menga­mankan tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan, tunjangan profesi dosen dan guru besar sebesar Rp 1,7 triliun. Jadi total sekitar Rp 9 triliun. Untuk sub­sidi kuota guru, realokasi dari Program Operasi Penggerak (POP),” ungkapnya.

Nadiem mengaku senang bisa memberikan kemuda­han kepada para peserta didik melalui pulsa gratis ini. Namun, dia akan lebih meningkatkan lagi kinerja agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal selama pandemi.

“Alhamdulillah perjuangan kita sudah ada hasil nyata ta­hun ini, tapi saya tidak akan berhenti di sini, saya akan berjuang lebih lagi, tapi sampai sekarang janji saya bahwa pulsa untuk siswa dan mahasiswa al­hamdulillah tercapai,” jelas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan