Bangun Akses Jalan Desa Tingkatkan Aktivitas Ekonomi Warga

GARUT – Pembangunan ruas jalan penopang aktivitas ekonomi warga di Desa Sukajadi Kecamatan Tarogong Kaler ditingkatkan. Kegiatan tersebut berasal dari APBN melalui program Pisew.

”Ini dari program pisew program nasional dari APBN. Ini salah satu jalan produksi yang dulunya jalan setapak, sekarang sudah pelebaran 6 meter, dulu pernah pembukaan dengan TMMD, dilanjutkan dengan pengerasan kurang lebih 800 meter dengan redimik 45 meter TPT 3 meter, kirmir yang di sebelah 70 cm ditinggikan sepanjang 400 meter, sehingga cukup dua kendaraan mobil yang berpapasan,” kata Kepala Desa Sukajadi, H. Imat Ruhimat usai meninjau kegiatan pembangunan di lapangan.

Menurutnya, peningkatan kualitas jalan perlu dilakukan mengingat akses tersebut kerap dilalui para petani, bandar pabrik, heleran. Dengan itu, maka pendapatan pekerja, petani dan masyarakat di desa Sukajadi bisa meningkat.

Tidak hanya itu, jalan tersebut juga sekaligus menghubungkan beberapa desa diantaranya desa panjiwangi, mekarwangi, tanjung anom, tanjung karya, desa samarang hingga ke jalan kabupaten.

”Melalui program Pisew yang dibawa Anggota DPR RI sekaligus bisa memberdayakan masyarakat sebanyak 30 orang, karena di tengah pandemi beberapa warga kita menganggur,” tambahnya.

Selain menopang sektor perekonomian, jalan itu juga semakin mempermudah akses pengobatan. Warga tidak perlu keliling menuju ke rumah sakit ataupun puskesmas, bisa melalui jalan yang sedang dibangun. (erf/adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan