Bakal Nyalon, Iyos Tanggalkan Jabatan Sekda

SUKABUMI – Iyos Somantri akhirnya men­gundurkan diri sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi. Langkah itu di­ambilnya karena Iyos dipastikan akan maju sebagai bakal calon wakil bu­pati mendampingi Marwan Hamami sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2020.

Surat pengajuan pengun­duran diri Iyos sudah disam­paikan ke Badan Kepegawa­ian dan Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi.

“Untuk lebih jelas soal pen­gunduran diri saya, kapan, serta mekanismenya sep­erti apa, bisa menghubungi BKPSDM,” kata Iyos kepada wartawan, kemarin (27/8).

Pada prinsipnya, kata Iyos, dirinya berpegang teguh pada UU Nomor 10/2016 ten­tang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 1/2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota serta Peraturan Pemer­intah Nomor 17/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Kepala BKPSDM Kabu­paten Sukabumi, Ade Suher­man, menjelaskan Iyos sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN. Bahkan, surat itu sudah ditindaklanjuti dan dikirim ke Badan Kepegawaian Na­sional (BKN).

“Pak Sekda sudah mengu­sulkan surat pengunduran diri sebagai ASN. Surat itu sudah kami sampaikan juga kepada BKN,” pungkas dia.

Di sisi lain, sejumlah nama pejabat eselon II pun muncul yang digadang-gadang akan menggantikan posisi Iyos Somantri. Beberapa nama itu antara lain Kepala BPKAD Asep Abdul Wasith, Kepala Dinas PU Asep Japar, Kepa­la DPMPTSP Zainul, serta Kepala Dinsos Teja Sumirat.

Ade Suherman menjelas­kan, pascapengunduran diri Iyos Somantri, sudah ada satu nama yang diusulkan menggantinya ke bupati atas persetujuan Gubernur Jawa Barat.

“Sudah ada penggantinya. Nanti 1 September akan diu­mumkan. Satu nama itu yang pasti sudah sesuai dengan kriteria pada Perpres Nomor 3/2018 tentang Penjabat Sek­retaris Daerah,” jelasnya.

Ade enggan menjelaskan lebih detail sosok yang mun­cul yang akan mengganti­kan sebagai penjabat Sekda. “Pokoknya salah satu dari empat nama itu yang akan menjadi Penjabat Sekda Ka­bupaten Sukabumi,” pung­kasnya.(ist)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan