Kabar Baik, Subsidi Upah Rp 600 Ribu Akhirnya Cair, Cek Rekening

CIREBON – Kabar baik bagi pekerja swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta. Karena subsidi upah sebesar Rp 600 ribu per bulan sampai Oktober akhirnya sudah cair sejak Kamis (27/8) dini hari.

Nominal yang didapat senilai Rp 1,2 juta per orang. Nominal bantuan tersebut sesuai mekanisme yang disampaikan pemerintah bahwa penyaluran subsidi upah pekerja diberikan setiap dua bulan sekali.

Para pekerja penerima manfaat pun merasa senang dengan cairnya bantuan langsung tunia (BLT) tersebut. Karena sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah sempat menunda pencairan dari rencana Selasa (25/8) lalu.

Seperti yang disampaikan Heru, salah satu pekerja swasta di Kota Cirebon. Ia mengabarkan kepada radarcirebon.com (Jabar Ekspres Grup) bahwa bantuan subsidi upah pekerja sudah cair.

“Alhamdulillah, pulang kerja langsung mampir ATM dan dana bansos sudah masuk Rp 1,2 juta. Diawali karena penasaran setelah membaca berita radarcirebon.com tentang BLT yang cair hari ini. Alhamdulillah,” kata Heru berseri-seri.

Heru mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah memberikan subsidi upah kepada pekerja seperti dirinya. Karena dengan bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk menambah uang dapur keluarga. “Terima kasih Jokowi,” ucapnya.

Rona bahagia juga dirasakan teman-teman selingkungan kerjanya. Di antaranya Hasanudin dan Agung Kurnia.

“Saya juga penasaran cek ATM, setelah Heru menginformasikan BLT cair. Ternyata saya dapat juga. Alhamdulillah,” kata Hasanudin.

Seperti diberitakan, bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta segera cair, Kamis (27/8). Bantuan tahap pertama senilai Rp 600 ribu per bulan tersebut akan dibagikan kepada 2,5 juta pekerja.

Informasi pencairan BLT pekerja swasta itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat rapat bersama dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (26/8).

“Insya Allah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok, Kamis 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI,” kata Ida.

Ida mengatakan, dalam tahap satu usai peresmian besok, belum semua penerima bakal mendapat transferan. Sebab, per 24 Agustus BPJS Ketenagakerjaan baru menyetorkan data 2,5 juta calon penerima bantuan dari total 15,7 juta penerima bantuan yang ditargetkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan