Wali Kota Banjar: ASN Jangan Leha-Leha

BANJAR – Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih melantik 197 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Senin (24/8). Pelantikan dilaksanakan di aula Setda Kota Banjar.

ASN yang menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah antara lain jabatan pimpinan tinggi pratama 14 orang, administrator 18 orang, dan pengawas 45 orang, fungsional kepala BLUD Puskesmas 10 orang, kepala UPTD SD dan SMP 10 orang dan 100 orang dari CPNS diangkat jadi PNS atau ASN.

“Pelantikan dan pengambilan janji/sumpah ini dilakukan karena ada kekosongan dan juga pensiun,” kata Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih dilansir Radar Tasikmalaya (Radar Garut Group)

Menurut dia, mereka yang dilantik melalui proses pertimbangan yang matang, penilaian prestasi kerja, kepemimpinan, kreativitas dan lainnya. Dalam penerapan ini, ada kesulitan yang dihadapi, karena hampir 90 persen ASN yang dilantik mengisi kekosongan yang pensiun.

Meski begitu, hal ini harus dilakukan karena tidak ada pilihan sehingga harus dilaksanakan. Karena jika menunggu terlalu lama, banyak OPD yang kosong tanpa adanya pimpinan (kepala dinas).

“Sebelumnya mereka yang dilantik telah mengikuti ujian kompetensi terlebih dahulu, apalagi tugas Kadis membantu pimpinan (kepala daerah, Red) di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, wali kota menekankan ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar lebih memaksimalkan lagi dalam bekerja. Tidak boleh berleha-leha.

Selain itu, kata dia, dalam bekerja ASN harus disiplin waktu. ASN juga harus kerja cerdas dan dibarengi dengan ikhlas. Agar bisa terhindar dari kesalahan dengan prinsip kejujuran, menerapkan disiplin administrasi, waktu dan bertanggung jawab. “Saya tidak mau ada ASN yang berleha-leha, tapi harus saling bekerja sama dengan bawahannya dalam bekerja,” tandasnya.

Kepala BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah) Kota Banjar H Kaswad menambahkan, pelantikan ASN hari ini karena ada 6 orang pejabat eselon II yang pensiun dan pada Oktober ada satu lagi yang pensiun. “Tentu nanti untuk mengisi kekosongan yang ada akan dilakukan open bidding,” jelasnya.

Sementara itu, 14 orang pejabat eselon II atau pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Banjar yang baru dilantik antara lain: Agus Eka Sumpana SE, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Banjar. Ir H Edy Djatmiko MM, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan dan Sekretariat Daerah Kota Banjar. Hj Suryamah SH, MH, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Banjar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan