oleh

Pendaftar Relawan Uji Vaksin Lampaui Target

BANDUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat sebanyak 1.935 orang telah mendaftar sebagai relawan untuk mengikuti uji klinis vaksin Sinovac tahap tiga. Kendati telah melampaui target jumlah relawan yang telah ditentukan, pendaftaran masih tetap dibuka hingga akhir Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (P2P) Kota Bandung, Rosye Arosdiani, di Balai Kota Bandung, Selasa(25/08).

Menurutnya, relawan yang sudah mendaftar belum tentu akan menjadi subjek penelitian uji klinis vaksin. Pasalnya sebelum penyuntikan vaksin ke dalam tubuh, para relawan akan melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan termasuk rapid dan swab test.

Baca Juga:  Dinkes Kota Bandung: Masker Jangan Dilihat dari Estetika Tetapi Fungsinya

”Tidak seluruh relawan memenuhi persyaratan mengikuti penelitian ini. Jadi ini akan menjadi waiting list dari yang sudah ada,” ujarnya.

Dia mengakui, sejauh ini ada beberapa pejabat ikut mendaftar sebagai relawan, diantaranya Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi yang akan melakukan uji klinis visit ke-0 (V0) atau tahap pertama hari ini (25/8).

”Ada juga camat-camat di Kota Bandung yang sudah daftar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dinkes Kota Bandung: Masker Jangan Dilihat dari Estetika Tetapi Fungsinya

Dia menyebutkan, dari jumlah relawan yang sudah mendaftar hingga kini baru 110 orang telah menjalani V0, termasuk 19 orang yang disuntik vaksin pada 11 Agustus saat ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga