oleh

75.000 UMKM Akan Dapatkan Bantuan Modal Usaha

BANDUNG – Berbagai stimulus dilakukan pemerintah untuk kembali membangkitkan gairah ekonomi di Indonesia. Salah satunya melalui pemberian modal usaha kepada para pelaku usaha mikro, kecil, menengah, dan ultra mikro. Di Kota Bandung sendiri, bantuan tersebut akan diberikan kepada 75.000 pelaku usaha.

Berdasarkan penutuan Kepala Bidang Fasilitas UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Eri Nurjaman, bantuan tersebut merupakan program pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga:  Harus Jadi Prioritas Pemerintah, Dewan Minta UMKM Diperhatikan

”Program ini merupakan dana hibah sebesar Rp 2.4 juta per orang dan sasarannya adalah pelaku usaha mikro dan ultara mikro,” ungkap Eri kepada Jabar Ekspres, Rabu (12/8).

Lebih lanjut Eri mengatakan usaha ultra mikro merupakan para pelaku usaha yang memiliki kemampuan minimal dan tidak memiliki akses perbankan. Seperti pedagang asongan ataupun pengusaha warung kecil. Kendati demikian, dia mengaku pihaknya juga akan memberi peluang yang sama keada para usaha mikro yang sifatnya kewirausahaan.

Baca Juga:  Pulihkan Ekonomi, BRI Salurkan Kredit Mikro Hingga 45%

Eri mengaku pihaknya telah melakuan sosialisasi sejak 1 Juli 2020 melalui flyer yang disebar di media sosial seperti instagram. Tak hanya itu, penyampaian informasi tersebut juga dilakukan kepada komunitas-komunitas UMKM.

”Kami juga melakukan pola pendaftaran secara daring, yakni google form, email, dan juga whatsapp. Namun hingga pada saat akhir Juli kami hanya bisa mengumpulkan 6.038 pelaku usaha,” bebernya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga