Tak Semua Masa Belajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Tahun

BANDUNG – Merujuk kepada inovasi fast track yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMK, di 2020, ternyata tidak semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan masa pembelajaran selama empat tahun.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung, Yudi Kartiwa. Menurutnya, program kementerian pendidikan itu hanya berlaku pada beberapa jurusan yang ditentukan oleh pemerintah pusat lewat Kemendikbud.

”Kalau dulu sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan apakah sekolahnya tiga atau empat tahun, namun tahun – tahun berikutnya ditentukan lagi kalau semua tiga tahun,” ujar Yudi kepada Jabar Ekspres saat ditemui di SMK 4 Bandung, Minggu (26/7).

Yudi mengatakan, di tiap kota/kabupaten memiliki kondisi yang berbeda. Dia mencontohkan di Kota Cimahi, hampir semua SMKN harus mengikuti jenjang pendidikan selama 4 tahun. Namun bedanya, untuk tahun ini, telah ditentukan pemerintah pusat.

”Kalau untuk yang sekarang, pemerintah yang menentukan untuk jurusan tertentu di empat tahun, kalau di jurusan lain tetap tiga tahun. Tergantung dari struktur kurikulum,” katanya.

Sementara itu, khusus di SMKN 4 Bandung, terdapat Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI), khusus untuk Jurusan TOI, sambung Yudi, berdasarkan spektrum kurikulum harus sekolah selama empat tahun.

”Dimanapun jika SMK itu ada jurusan TOI harus empat tahun. Jadi tidak tuntas ketika kompetensi keahilan itu hanya tiga tahun jadi dari pemerintah berbentuk given,” terangnya.

Yudi menerangkan, yang namanya Peremendikbud tentang kurikulum terdapat suatu lampiran terdiri atas spektrum, di dalamnya daftar bidang keahlian program, keahlian kompetensi disandingkan dengan masa belajar empat tahun dan tiga tahun.

Dia menambahkan, bagi siswa yang telah menyelesaikan jurusan TOI tersebut selama empat tahun bisa disejajarkan dengan lulusan D1.

”Kita Kerjasamanya dengan Polytechnic TEDC Bandung. Karenakan yang legal mengeluarkan sertefikat dan ijazah D1 itu perguruan tinggi, kita MoU nya bersama dengan Polytechnic TEDC Bandung itu,” bebernya.

Siswa lulusan jurusan TOI memiliki kelebihan setelah masuk dunia kerja, tentu siswa ini memiliki pilihan, baik langsung masuk dunia kerja dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.(m2/ziz).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan