SMPN 2 Kesulitan Terapkan PJJ

BANDUNG-Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, proses belajar mengajar di SMPN 2 Bandung berlansung secara online. Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMPN 2 Bandung, Asep Rahman Sumarna mengatakan, pihaknya harus disibukkan dengan media pembelajaran yang tepat selama PJJ.

“Kita masih gunakan google meeting tapi sangat mentedot pulsa, katanya juga bisa lewat Instagram (IG), karena di IG juga bisa, tapi sayangnya tidak semua punya IG,” ujar Asep, ketika ditemui Jabar Ekspres, Senin (20/7).

Untuk mengatasi permasalahan itu, Asep melanjutkan, pihaknya terus mencari media terbaik supaya materi pembelajaran bisa sampai kepada siswa. Asep pun menandaskan, saat ini pihak sekolah sedang memanfaatkan sistem WA sebagai media pembelajaran. Namun, aplikasi tersebut terbatas daya tamping siswa.

“Maka kita coba manfaatkan aplikasi Microsoft Team, aplikasi ini kolaborasi antara google class room dan google meeting, bisa dua arah,” kata Asep lagi.

Dua arah yang dimaksud, Asep menjelaskan, dengan Microsoft Team ini siswa bisa menulis di aplikasi itu dan guru bisa mempresentasikan atau apa yang guru sampaikan melalui media ini bisa diketahui.

“Lebih bagus dengan microsoft team, kita bisa share materi dan anak (siswa) bisa mengerjakan soal di mana pun,” jelasnya.

Asep menyarankan, seharusnya pemerintah menyediakan aplikasi lebih awal yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.  “Hal ini supaya bisa mengantisipasi keluhan orang tua yang selama ini terbebani dengan pembelian kuota internet. (mg2/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan