Hakim MA Terlibat Kasus Djoko Tjandra?

JAKARTA – Jagat maya dihebohkan dengan informasi yang mengungkapkan kalau buronan Djoko Tjandra akan melobi hakim agung lewat pengacaranya, Anita Kolopaking, guna memuluskan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK). Terkait tudingan tersebut, Mahkamah Agung (MA) pun membantahnya.

MA menegaskan tak ada lobi dengan beberapa hakim agung guna memuluskan PK terpidana kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra. “Kami bantah, bahwa tidak benar kalau ada empat Hakim Agung yang mau dilobi oleh kuasa hukum Djoko Tjandra,” kata juru bicara MA, Andi Samsan Nganro dikonfirmasi, Senin (20/7).

Andi mengharapkan, publik tidak mudah percaya terhadap informasi yang masih dipertanyakan kebenarannya. Terlebih, informasi tersebut dimunculkan oleh akun media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Tidak mungkin, yakinlah tidak semudah itu kami mau dilobi dan tidak semudah itu pula kami mau menerima sesuatu untuk menjual keadilan. Percayalah informasi itu kami bantah dan tidak benar,” tegas Andi.

Selain itu, Andi pun menegaskan, tidak ada kedekatan antara Ketua MA Muhammad Syarifuddin dengan Anita Kolopaking. Menurut Andi, foto yang beredar di media sosial membangun opini yang tidak benar.

“Masa hanya dari foto ibu Anita dan suaminya dengan Pak Ketua MA dan istri lalu dihubungkan mempunyai hubungan kedekatan. Ini kan penggiringan opini namanya,” sesal Andi.

Sebelumnya, media sosial Twitter diramaikan oleh pemberitaan Djoko Tjandra yang dimunculkan oleh, akun Twitter El Diablo @xdigeeembok. Dia mengklaim telah membongkar sosok pejabat yang diduga mempermudah proses pelarian buronan kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra di Indonesia.

Akun anonim itu menyebut, Djoko dibantu Anita membereskan semua urusan itu hingga bisa mengajukan upaya Peninjauan Kembali (PK). Mulai dari proses penerbitan surat jalan hingga pengurusan e-KTP.

Akun anonim tersebut juga mengatakan ada empat hakim agung yang dilobi Anita untuk memuluskan upaya Peninjauan Kembali (PK) Djoko Tjandra.

“Kucuran dana ratusan ribu dollar akan turun buat Hakim-hakim Agung. Kalo kata Bobby The Cat ada 4 Hakim Agung yang akan dilobby oleh Anita Kolopaking biar memuluskan PK Djoko Tjandra. Yuk kita jagain @MahkamahAgung jangan sampai Djoko Tjandra masuk #YangBantuDjokoTjandraKabur,” cetus akun tersebut. (jpc/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan