Quartararo Terdepan, Marquez Terjungkal

SPANYOL – Ajang perdana MotoGP 2020 yang sempat terhenti akibat virus korona banyak kejutan dari para pembalap. Seri yang digelar di Sirkuit Jerez Spanyol tersebut tampak sengit di awal menit. Pembalap Prancis berusia 21 tahun, yang menunggangi Kuda Besi Petronas Yamaha, Fabio Quartararo start paling depan. Di baris pertama, bersama Quartararo, ada Maverick Vinales (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda).

“Saya pikir balapan pertama dengan motor 2020, kemudian start paling depan, itu akan menyenangkan,” ujar Quartararo seperti dikutip dari Crash, Minggu (19/7).

“Hal pertama yang ingin saya lakukan adalah menikmati dan memastikan semuanya akan baik-baik saja. Awal yang baik, saya akan mencoba melepaskan diri secepat mungkin,” imbuhnya. Sementara pembalap paling senior di MotoGP saat ini, Valentino Rossi harus puas start dari posisi ke-11.

Rossi bisa naik satu posisi, jika Alex Rins (sembilan) yang mengalami cedera, memang tidak bisa ikut balapan malam nanti. Soal posisi starnya, Rossi sempat menyinggung masalah pengereman di motornya. Namun, dari data tim Yamaha, masalah Rossi itu juga dialami oleh Quartararo dan Vinales. “Saya masih merasa tidak enak dengan keseimbangan motor,” ujar Rossi seperti dikutip dari motorsport.

“Saat ini, tiga teratas (Quartararo, Vinales, Marquez) terbukti sangat, sangat kuat. Quartararo dan Vinales khususnya, mereka mengendarai dengan sangat cepat,” pungkas Rossi

Dalam seri pertama tersebut, akhirnya dimenangkan oleh Fabio Quartararo dengan mengalahkan Maverick Vinales setelah Marc Marquez gagal finis akibat terjatuh.

Vinales memulai balapan dengan sempurna dan memimpin balapan dari Quartararo. Marquez juga naik ke posisi dua dan Jack Miller menggeser Quartararo. Vinales hampir terjatuh pada tikungan delapan lap pertama, namun berhasil mempertahankan keseimbangan.

Marquez mengambil alih posisi terdepan di lap ketiga setelah beberapa kali bertukar posisi dengan Vinales. Perlahan tapi pasti, Marquez mulai menjauh di lap keempat dengan keunggulan 0,6 detik atas Vinales.

Marquez kemudian melakukan kesalahan di tikungan empat lap kelima. The Baby Alien kehilangan keseimbangan bagian depan dan masuk ke gravel. Meski melakukan penyelamatan luar biasa dan mampu melanjutkan balapan, Marquez turun ke posisi terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan