Penerangan Jalan Umum di KBB Minim, Dishub Ngarep CSR

NGAMPRAH – Ruas Jalan Raya di KBB ( Kabupaten BAndung BArat) tepatnya di 16 kecamatan, saat ini masih belum memiliki Penerangan Jalan Umum (PJU) yang layak dan kerap dikeluhkan pengendara.

Untuk itu, Pemerintah membutuhkan 95.454 buah lampu PEnerangan Jalan Umum agar kondisi jalan Raya di KBB tidak gelap gulita sehingga aman dilalui kendaraan.

Daerah yang masih minim Penerangan Jalan Umum tersebut paling banyak di daerah selatan KBB, seperti Kecamatan Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, Cipongkor, dan Rongga yang jadi prioritas pemasangan PJU.

Kepala Dinas Perhubungan KBB Ade Komarudin mengatakan dari target 95.454 pemasangan PJU tersebut harus selesai dalam kurun waktu selama 5 tahun ke depan sesuai program bupati yakni ‘Bandung Barat Caang’.

“Saat ini PJU yang telah dipasang kurang lebih baru sekitar 5000-an titik. Untuk target program ini harus selesai selama 5 tahun,” ujar Ade saat dihubungi, Jumat (10/7).

Pihaknya mengakui jika pengadaan 95.454 PJU tersebut bakal membebani kas daerah apalagi di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, pihaknya bakal mendapat bantuan biaya dari perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Untuk dana dari CSR ada dari beberapa perusahaan. Saat ini pemasangannya masih dilakukan dan diprioritaskan untuk daerah selatan, kalau daerah utara sudah terpasang lebih banyak,” katanya.

Selain diprioritaskan di daerah selatan, lanjut Ade, pemasangan PJU ini juga akan dipasang di sejumlah titik yang rawan kecelakaan dan jalan-jalan desa yang kondisinya masih gelap.

“Kalau masih ada kekurangan, terutama jalan provinsi yang ada di KBB, kami akan koordinasikan dengan Dishub provinsi untuk pemasangan PJU ini,” ucapnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan