oleh

PPDB Masa Pandemi, Disdik Harus Permudah Persyaratan

SOREANG – Syarat pendaftaran dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD dan SMP di Kabupaten Bandung harus lebih disederhanakan. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, orang tua siswa juga jangan sampai direpotkan dengan urusan legalisasi berkas.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan di Soreang, Kamis (18/6). ”Keluhan itu yang banyak disampaikan oleh orang tua calon siswa, saat kemarin saya meninjau pelaksanaan PPDB di sejumlah sekolah,” ujarnya.

Menurut Gun Gun, tak sedikit orang tua yang akan mendaftarkan anak mereka ke SMP mengeluh soal terlalu banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi sekalipun PPDB dilakukan secara daring. Ia menilai seharusnya persyaratan itu bisa lebih disederhanakan saat pendaftaran awal dan baru dilengkapi ketika anak yang bersangkutan sudah diterima di sekolah tujuan.

Keluhan senada juga dilansir Gun Gun muncul dari orang tua yang mendaftarkan anaknya lewat jalur prestasi. Mereka merasa kesulitan ketika diharuskan melegalisir piagam sebagai syarat yang diminta. ”Di tengah kondisi pandemi, jangan sampai orang tua dipusingkan karena harus melegalisir piagam prestasi olahraga ke KONI. Datanya kan sebenarnya sudah ada di KONI atau di Dinas Komunikasi dan Informasi, tinggal Dinas Pendidikan berkoordinasi untuk mengakses data tersebut,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.