Lakukan Evaluasi, PNS Cimahi Siap-siap di Rotasi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kini tengah ini tengah mengevaluasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Evaluasi dilakukan untuk menjaring abdi negara yang akan ditempatkan pada posisi jabatan tertentu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, evaluasi berlaku bagi semua pejabat atau ASN. Sebab pihaknya ingin menempatkan semua Sumber Daya Manusia (SDM) pada posisi yang sesuai kualifikasi dan kemampuannya masing-masing.

“Kita memang sedang melakukan evaluasi semua (PNS/pejabat), nanti akan menjadi acuan bagi setiap pejabat untuk ditempatkan di jabatan tertentu,” kata Dikdik saat ditemui, Rabu (10/6).

Ia menjelaskan, evaluasi meliputi berbagai hal seperti dari sisi administrasi maupun kinerja sehingga nantinya sesuai dengan kebutuhan posisi jabatan yang akan diisinya.

“Tiap pejabat punya kualifikasi masing-masing. Semuanya dinilai dari administrasi, kinerja. Ditempatkan dimana, nanti ada pembahasan,” jelasnya.

Dikdik menjelaskan, evaluasi memang selalu dilakukan terhadap PNS. Apalagi saat ini, terang dia, cukup banyak posisi struktural di lingkungan Pemkot Cimahi yang mengalami kekosongan. Baik eselon II, III maupun IV.

Untuk posisi jabatan esselon II saja, ada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum memiliki pimpinan definif. Seperti Direktur Utama RSUD Cibabat, DinsosP2KBP3A, hingga Asisten 1 dan Asisten II.

Belum lagi ditambah adanya lubang kosong pada posisi seperti kepala bagian, kepala bidang, sekretaris OPD hingga kepala seksi dan kepala UPT. Menurut Dikdik, kekosongan tersebut harus segera diisi.

“Memang jadi sesuatu yang kami pikirkan untuk segera ditindaklanjuti, pengisian ini sesegera mungkin. Pak wali juga menginginkan untuk segera diisi,” tegas Dikdik.

Khusus pengisian pejabat setingkat eselon II, seperti kepala dinas hingga asisten, terang Dikdik, mekanismenya tetap harus melalui seleksi terbuka atau open bidding sesuai amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Open bidding pasti akan dilakukan karena ada pejabat esellon II yang kosong. Target kita berharap bisa segera mungkin,” kata Dikdik.

Ia melanjutkan, kekosongan posisi jabatan struktural di Pemkot Cimahi selama ini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Meski memiliki kewenangan terbatas dan tentunya berbeda dengan definitif, namun keberadaan Plt dinilai mampu menjalankan kinerja OPD sesuai harapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan