Dinkes Pastikan Program Imunisasi Tetap Berjalan

SOREANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, masih melakukan program imunisasi, meski di masa pandemi Covid-19. Tetapi, pelaksanaan program imunisasi akan lebih difokuskan di puskesmas, dan tentunya wajib menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana Purnami, mengatakan bahwa program imunisasi tetap berjalan meskipun ditengah pandemi Covid 19. Hal tersebut sesuai dengan Kemenkes yang sudah ditetapkan.

Grace mengaku sudah melakukan sosialisasi dan mengeluarkan surat edaran yang ditunjukan kepada puskesmas terkait pelaksanaan imunisasi tersebut. Pelaksanaan imunisasi ini wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, selalu mencuci tangan dan wajib menjaga jarak diantara peserta imunisasi.

”Dua bulan pertama masa pandemi, kami mempersilahkan pelaksanaan imunisasi. Tetapi imunisasi itu hanya diperuntukan bagi bayi yang baru lahir,” kata Grace saat di wawancara di ruang kerjanya, Senin (8/6).

Grace juga menjelaskan, yang paling sulit dilakukan oleh masyarakat adalah menjaga jarak. Oleh karena itu, pihaknya menekankan kepada petugas puskesmas, agar memastikan masyarakat yang datang ke puskesmas bisa menjaga jaraknya. Hal tersebut dilakukan agar baik ibu atau bayinya tetap sehat selama mengikuti kegiatan imunisasi. ”Vaksin untuk imunisasi, sampai saat ini jumlahnya masih cukup,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan