Desa Lembang Zero Kasus Covid-19

NGAMPRAH– Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu desa yang bebas dari penularan Covid-19.

Padahal KBB sendiri memiliki Klaster Seminar Keagamaan Lembang sebagau salah satu sumber penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, selain Klaster Musda HIPMI di Karawang serta Klaster Kegiatan Keagamaan Bogor.

Kepala Desa Lembang Yono Maryono mengatakan, lebih dari 3.000 kepala keluarga (KK) yang ada di wilayahnya sampai sekarang tidak ada yang terpapar Covid-19.

Padahal awal kemunculan wabah tersebut sempat membuat warganya resah. Sehingga langkah antisipasi langsung dilakukan dengan membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 (RDLC) yang terdiri dari berbagai elemen.

“Adanya RDLC Desa Lembang ini membuat kami setiap harinya terus bergerak memberikan edukasi, imbauan, dan melakukan penyemprotan lingkungan warga dengan disinfektan. Alhamdulillah hingga kini semua warga kami termasuk anak-anak dan balita tidak ada yang terpapar wabah ini,” ungkap Yono, Senin (8/6).

Salah satu kunci pencegahan penyebaran Covid-19 yakni penyemprotan rutin oleh para relawan yang hanya libur di hari Jumat. Selebihnya relawan yang berjumlah lebih dari 50 orang itu terus melakukan penyemprotan bahkan hingga ke desa tetangga.

“Mereka bergerak secara ikhlas tanpa dibayar. Tapi alhamdulillah banyak yang membantu seperti dari PMI dan masyarakat umum jadi sangat terbantu. Apalagi kebutuhan APD yang sekali pakai buang yang paling diperlukan, makanya kalau ada yang nyumbang pasti diterima. Mungkin sudah ribuan liter disinfektan yang kami habiskan untuk menyemprot lingkungan warga,” tuturnya.

Salah seorang anggota RDLC-19 Yuyud Yudianto mengaku dirinya beserta aparat desa memiliki tanggung jawab dalam menjaga keselamatan warga. Kalau ada satu temuan kasus maka akan membuat repot semua pihak, sehingga lebih baik menjaga daripada harus mengobati.

“Masyarakat juga antusias kalau lingkungan mereka disemprot disinfektan. Bagi kami (relawan) kalau masyarakat sehat dan senang kami sangat bangga,” kata Yuyud. (mg6/tur)

PENYEMPROTAN: Para Relawan Desa Lawan Covid-19 (RDLC) aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga di Desa Lembang, KBB sehingga berhasil menekan angka zero kasus Covid-19 .

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan