oleh

Harumkan Jabar di Ajang Internasional, Program Desa Digital Raih Penghargaan

BANDUNG – Jawa Barat menyabet penghargaan IDC Smart City Asia-Pasific Awards 2020 untuk kategori Digital Equity and Accessibility melalui program Desa Digital. Program Desa Digital tersebut, menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih penghargaan di ajang internasional tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat, Setiaji menjelaskan, pengumuman penghargaan tersebut dilaksanakan melalui virtual mengingat pandemi Covid-19. Program Desa digital berhasil menyisihkan program dari DKI Jakarta, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

”Terdapat 14 kategori dalam ajang tersebut. Program Desa digital yang digagas Pemprov Jabar menjadi yang terbaik di kategori Digital Equity and Accessibility dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih penghargaan,” ujar Setiaji, Selasa (2/6).

Dijelaskan, program desa digital ini merupakan upaya Pemprov Jawa Barat untuk lebih menyejahterakan warganya. Dalam hal ini, terdapat beberapa upaya yang dilakukan bergantung dari kondisi desa yang menjadi target program. ”Kita membagi level desa itu mulai dari level 0 hingga level 4,” ungkapnya.

Desa dengan level 0 merupakan daerah  yang tidak memiliki akses internet atau blank spot. Dalam hal ini, Pemprov Jabar membangun infrastrktur internet dengan menyediakan wi-fi. Sedangkan desa level 1 adalah daerah sudah memiliki internet namun masih kurang dalam sisi literasi digital.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga