Optimistis Liga Segera Bergulir

BANDUNG – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts sangat yakin bahwa kompetisi Liga 1 2020 segera diputar kembali. Pelatih asal Belanda tersebut menilai, perkembangan positif di negara tetangga Indonesia, menjadikan peluang kompetisi sepak bola Indonesia berputar lagi cukup terbuka.

Menurut Roberts, regional Asia Tenggara saat ini aktivitas sepak bolanya sudah mulai berjalan karena penyebaran COVID-19 sudah mulai bisa diantisipasi.

Tim mulai berlatih dan klub-klub mulai menyiapkan diri menghadapi kompetisi yang akan segera bergulir kembali tersebut. ”Vietnam akan menggelar Liganya. Untuk Brunei dan Singapura, penyebaran virusnya semakin terkendali, Thailand dan Malaysia juga sama, jumlah korban di sana juga terus menurun,” kata Robert, dilansir man resmi klub, Selasa (12/5).

”Itu pertanda baik, bahwa Indonesia bisa mengendalikanya, dan saya yakin liga bisa jalan lagi,” jelasnya.

Robert menilai, pemerintah Indonesia bisa saja nantinya akan memberikan izin agar Liga 1 2020 bisa kembali dilanjutkan. Dia cukup optimistis dengan alasan-alasan yang dibeberkanya tadi.

Menurut Rene Alberts, memang diperlukan protokol yagn ketat apabila Liga akan dimulai nantinya. Ia meyakinkan, bahwa posisi dirinya siap mengikuti protokol kesehatan yang dibuat pakar kesehatan.

”Kalaupun laga tanpa penonton, kami siap mengikuti peraturan itu. Yang terpenting liga bisa kembali dimulai, seuporter bisa menonton dari rumah,” tuturnya.

Robert menjelaskan, berakhirnya pandemi virus korona dan kembali normalnya situasi menjadi harapan semua pihak, termasuk klub Persib. Namun, saat kompetisi bergulir, akan ada pekerjaan rumah bagi Pangeran Biru.

Pelatih asal Belanda ini mengatakan, Persib mengawal kompetisi Liga 1 2020 ini dengan baik.  Namun kondisi itu belum tentu sama setelah wabah merebak. Sebab, sepakbola menjadi salah satu yang terdampak dari peyebaran covid-19.

”Kami mempunyai pramusim yang bagus, dan awal musim bagus. Namun semuanya harus berhenti. Dan yang menjadi pertanyaan, ketika memulai kembali dan akan berusaha mencari lagi momentum tersebut, kita tidak tahu apakah tercapai atau tidak,” akunya.

Lebih lanjut Robert mengatakan, semuanya akan terjawab dari hasil pertandingan. Ia pun melihat kondisi pascacorona menarik untuk diamati. Sebab, jika tetap sama, ada banyak hal yang perlu dicermati, seperti kembalinya penampilan Wander Luiz walau sempat terpapar virus corona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan