Warga Jabar yang Baru Pulang dari Luar Negeri di Isolasi di  Gedung BPSDM

Kepala BPSDM Jawa Barat, M Solihin menambahkan, sebanyak 86 warga Jawa Barat yang baru dipulangkan dari luar negeri tengah yang tengah menunggu hasil swab test.

Ke-86 orang yang baru saja dipulangkan pada hari Minggu (3/5/2020) dan hasilnya kemungkinan bisa diketahui Selasa (5/5).

“Semua sudah swab test hari Minggu kemarin. Mudah-mudahan hasilnya bisa keluar hari ini, tapi tidak langsung diumumkan karena khawatir bikin mereka panik,” kata Solihin.

Jika ada pasien yang positif maka akan melanjutkan isolasi di BPSDM selama 14 hari. Kalaupun negatif, yang bersangkutan disarankan tetap menjalankan isolasi selama 14 hari.  “Tadi Pak Ridwan Kamil sempat cek ke sini dan menyarankan walaupun hasil swab test negatif harus tetap isolasi, hanya saja bisa di sini atau daerah masing-masing,” terangnya.

Dari 86 orang yang dipulangkan dari tiga negara tersebut, terdapat seorang bayi berusia 9 bulan, 25 mahasiswa berkuliah di Arab Saudi, dan sisanya merupakan pekerja.

“Untuk bayi 9 bulan sudah diswab juga, ada keluarganya di sini. Kalau mahasiswa mereka sudah bilang ke kami, lebih memilih isolasi di sini kalaupun hasilnya negatif. Baru pulang setelah 2 minggu isolasi,” jelasnya.

Selama di BPSDM, mereka ditempatkan di tower A dengan menempati kamar yang diperuntukkan untuk satu orang, kecuali bayi 9 bulan yang ditempatkan bersama ibunya.

“Mereka disini kebutuhannya dipenuhi karena harus menjaga imun dan kesehatan. Tapi ada juga yang puasa, tergantung kemauan masing-masing,” tandasnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan