Ada 3 Tambahan Positif Covid Asal Cimahi, Ini Sebaran Lokasi Isolasi dan Perawatannya

CIMAHI – Setelah hampir sepekan nihil kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19), virus tersebut menyebar kembali terhadap tiga orang kesehatan. Mereka terpapar di tempat kerjanya di Subang dan Kota Bandung.

“Hari ini nambah 3 (tiga). Penularannya 2 di Subang dan di Bandung. Orang kesehatan,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi saat dihubungi, Senin (4/5).

Ketiga pasien tersebut langsung menjalani isolasi mandiri hingga nantinya dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab.

Dengan penambahan tersebut, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kota Cimahi mencapai 58 orang. Rinciannya, 46 positif aktif, 9 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Dikatakan Pratiwi, pasien yang masih proses positif berdasarkan swab test menjalani isolasi dan perawatan di berbagai lokasi. Di antaranya 11 orang diisolasi di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat.

Kemudian 3 orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, 4 orang di Rumah Sakit Santosa Bandung, 1 orang di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan Bandung Barat, orang di 1 Rumah Sakit Rotinsulu Bandung, 1 Rumah Sakit Imanuel, 3 di Rumah Sakit Dustira dan 3 orang di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

“7 orang masih proses untuk ke BPSDM. Sisanya masih isolasi mandiri, termasuk yang baru terdata hari ini. Ada juga 4 orang yang isolasi mandiri tinggal nunggu swab 1 kali lagi,” beber Pratiwi.

Ia menjelaskan, pasien yang diisolasi di BPSDM dan RSUD Cibabat merupakan kategori ringan yang dipilah berdasarkan hasil screening dan hasil laboratorium. Pasien yang sebelumnya isolasi mandiri itu harus diisolasi secara terpadu agar penanganan Covid-19 di Kota Cimahi bisa lebih cepat.

“Lebih baik di sana bisa tiap hari ada dokter. Kemudian ada psikolog, senam ada instruktur. Ada aktifitas yang terpantau dibandingkan di rumah. Makanannya juga terjamin, minum obat terpantau,” jelas Pratiwi.

Sementara pasien yang masih menjalani isolasi di rumah masing-masing, lanjut dia, akan dipantau oleh Puskesmas setempat dan Tim Gugus Tugas Kampung Siaga Covid-19.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, untuk menunjang percepatan penanganan pasien Covid-19, pihaknya sudah mendatangkan 25 unit Hepafilter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan