Selamat Hari Buku! Membaca #dirumahaja

BANDUNG-Membaca adalah jendela dunia dan buku adalah salah satu pintu untuk melihat dunia. Di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita #dirumahaja, kekuatan buku harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih, kemarin, tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia

“Di saat sebagian besar sekolah di seluruh dunia tutup dan orang-orang harus membatasi waktu mereka, kekuatan buku harus dimanfaatkan. Memperkuat ikatan antar-orang, memperluas cakrawala kita, sambil merangsang pikiran dan kreativitas kita,” tulis keterangan UNESCO, dilansir dari disdik.provjabar.go.id.

Badan Khusus PBB yang membidangi pendidikan dan budaya itu menegaskan, penting sekali meluangkan waktu untuk membaca buku selama masa pandemi seperti saat ini. “Ini adalah waktu untuk merayakan pentingnya membaca, meningkatkan pertumbuhan anak-anak sebagai pembaca, dan mempromosikan kecintaan akan sastra,” tulis UNESCO.

UNESCO menetapkan Hari Buku Sedunia pada 23 April 1995 sebagai penghormatan terhadap penulis dunia William Shakespeare yang meninggal pada 23 April 1616 dan penulis kenamaan lainnya, seperti novelis Prancis (Maurixe Druon), penulis Kolombia (Manuel Mejia Vallejo), dan penulis asal Islandia (Halldor Laxness).

Ada empat tema yang diusung pada Hari Buku Sedunia 2020, yaitu membaca dalam segala bentuk, pengembangan infrastruktur industri buku, inklusivitas dan aksesibilitas digital serta pemberdayaan anak melalui membaca.

Selamat Hari Buku Sedunia! (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan