Perhutani Apresiasi Program Desa Indragiri Kembangkan Wisata

RANCABALI – Perum Perhutani Bandung selatan mengapresiasi langkah Pemerintahan Desa Indragiri, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung yang berproses jalinan kemitraan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

Wakil Kepala ADM Perhutani Bandung Selatan Didi Korsadi mengatakan, atasnama perum perhutani pihaknya sangat menyambut baik program kades Indragiri.

”Saya ucapkan selamat kepada Pemdes Indragiri yang berproses dengan lancar. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kades dan tim LMDH dan BUMDes melakukan kerjasama dalam kawasan kehutanan, semoga kerjasama ini berjalan dengan baik,” Kata Didi saat ditemui di Desa Indragiri, Rabu (22/4).

Menurutnya, harapan dengan adanya kerjasama tersebut, kedepannya bisa lebih meningkat dan berkembangnya perekonomian masyarakat Indragir. Sebab, perekonomian warga meningkat akan berdampak positif kepada perhutani.

”Perum perhutani akan sangat mendukung program Desa Indragiri dalam hal pengembangan wisata alam di kawasan perhutani. Sebeb, ini kerjasama yang baik. Karena kehadiran pemerintah ada ditengah kerjasa ini,” jelasnya.

Didi menjelaskan, untuk sementara keluasan yang dikerjasama dalam pengembangan potensi alam sekitar 3,5 hektare. Tapi, pihaknya berharap Pemdes bisa mengembangkan keluasan kerjasama lebih dari 3,5hektare. ”Kami mengimbau Pemdes dan lembaga desa bisa mengajukan Seplane rencana pengembangan wisata di kawasan perhutani. Sehingga, pemdes bisa memperlihatkan keunggulan yang dimiliki,” tuturnya.

Dia menambahkan, Desa Indragiri berada dikawasan perhutani Bandung Selatan yang memiliki keunggulan yang sangat luar biasa. Sehingga, saat dikembangkan menjadi objek wisata alam sangat berpotensi. ”Dengan adanya rasa kejenuhan di masyarakat, sehingga mereka akan kembali kepada alam. Nah, dengan adanya objek wisata alam pasti akan menjadi lokasi tujuan. Secara otomatis hal itu akan mendorong perekonomian warga Indragiri,” akunya.

Lebih lanjut Didi mengatakan, lokasi yang berproses oleh Pemdes Indragiri berada di Petak 100 RPH Cimanggu, BKPH tambak ruyung timur KPH Bandung selatan. ”Dengan terjalinnya kerjasama ini, kami mengajak masyarakat khususnya lembaga desa agar bisa meningkatkan perekonomian warga. Kami akan merasa senang, ketika warga di kawasan perhutani ekonominya meningkat,” akunya.

Sementara itu Kepala Desa Indragiri Agus Margono mengatakan, sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Bandung. Pihaknya akan mengembangkan Desa wisata, dengan mengalokasikan Dana Desa. ” Sesuai perkataan pak Bupati Bandung, yang akan lebih mendorong penggunaan Dana Desa untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD),” katanya.

Tinggalkan Balasan