PPDB Online, Pemerintah Harus Siapkan Sarana dan Prasarana

BANDUNG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online menjadi problematika tersendiri bagi sekolah yang tidak memiliki sarana dan prasarana memadai. Meskipun teknis belum rampung, namun pihak sekolah butuh perhatian sarius untuk melaksanakan PPDB secara online.

Kepala Bidang Publikasi Informasi dan Dokumentasi SDN 247 Sukapura mengungkapkan,  sarana dan prasarana menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat PPDB online.

“Kalau memang mekanismenya seperti itu (PPDB online) Insyaallah kita siap saja. Tapi tetap kita juga harus mempertimbangkan kemampuan dan sarana prasarana masyarakat yang akan mendaftarkan putra-putrinya,” ujar Windy, kepada Jabar Ekspres, Senin (20/4).

Windy mengatakan, selain sarana dan prasarana yang nantinya akan menunjang pelaksanaan PPDB online, Sunber Day Manusia (SDM) juga harus menjadi bahan pertimbangan lainnya.

“Yang terpenting selain sarana dan prasarana adalah SDM dan Sosialisasi proses PPDB-nya kepada masyarakat,” tambahnya.

Dia juga menceritakan pengalamannya bahwa masyarakat khususnya orang tua calon peserta didik baru tak jarang mengeluh dengan sistem PPDB yang berubah secara mendadak. Perubahan tersebut menurut Windy karena tidak adanya sosialisasi dari jauh-jauh hari sehingga orang tua tidak dapat melakukan persiapan yang matang guna melangsungkan pendftaran peserta didik baru di sekolah.

Oleh sebab itu, Windy berharap sebelum sistem PPDB online dilangsungkan, terlebih dahulu harus diperhitungkan kesiapan sarana dan prasarana sekolah.

Kendati demikian, Windy memastikan, kalaupun PPDB dilaksanakan secara online, SDN 247 Sukapura tetap akan mempersiapkan prosedur pendaftaran offline yang mengharuskan orang tua untuk daftar secara langsung ke sekolah.

Diketahui, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung telah merumuskan teknis PPDB online yang menjadi acuan sekolah. Disdik pun menargetkan teknis tersebut akan rampung pada akhir April mendatang.

“Target rampung berdasarkan regulasinya, bulan April ini selesai. Nanti Mei akan dilaksanakan sosialisasi teknis PPDB,” ujar Sekretaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra.

Dia mengatakan, bahwa sejauh ini Disdik Kota Bandung sedang berupaya untuk memormulasikan proses PPDB online agar dapat memberi kemudahan kepada masyarakat di tengah wabah pandemi Covid-19. Tak hanya itu, PPDB tahun ini juga akan dilaksanakan secara daring (online).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan