Oded Minta Warga Bantu Tangani Covid-19

BANDUNG – Penanganan virus korona tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, namun perlu dukungan dari semua unsur termasuk warga masyarakat. Untuk itu Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengajak warga bersama-sama memerangi Corona Virus Diseas (Covid-19) saat diterapkannya Pembatasan SosialBerskala Besar (PSBB) pada Rabu 22 April 2019 mendatang.

”Kini saatnya virus corona kita keroyok bersama-sama. Penanganan virus corona tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, tetapi harus melibatkan seluruh warga negara Indonesia termasuk warga Kota Bandung,” tegas Oded usai meresmikan Kegiatan Komunitas Bandung Bangkit Bersama dalam rangka Pelaksanaan Program Pencegahan Mandiri Penyebaran Covid-19, di Halaman Kantor Kecamatan Cicendo, Jalan Purabaya, Kota Bandung, Senin (20/4).

Pada kegiatan yang dihadiri Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil ini, diserahterimakan bantuan dari berbagai pihak berupa 200 pakaian Hazmat, 500 masker, 30 unit toren disinfektan, 50 alat rapid test, wastafel, dan alat penyemprot disinfektan.

”Kalau kata Mang Oded, Bandung Bangkit Bersama ini artinya kita akan bersama-sama mengeroyok melawan Covid-19 ini,” ujar pria yang akrab disapa Mang Oded ini.

Untuk itu jelang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dia meminta warga untuk tetap diam di rumah. Jika masih ada kebutuhan ke luar rumah, maka lakukan dengan secukupnya.

”Jangan banyak bergerombol di luar rumah. PSBB itu saatnya kita melawan Covid-19,” tegasnya.

”Kepada pengusaha juga, kalau biasanya mencari keuntungan, saat ini waktunya berbagi. Kalau berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan, Allah akan memberikan kemudahan bagi usahanya juga,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil mengatakan, Bandung Bangkit Bersama bisa membuktikan sebelum dan sesudah bantuan seharusnya bisa terjadi perbaikan yang signifikan.

”Terpilihnya Kecamatan Cicendo ini karena masuk zona merah, dengan hadirnya PSBB selama 14 hari dengan bantuan dari Pemerintah dan komunitas ini harusnya jadi percontohan bagi wilayah lain. Itu harapannya,” katanya.

Sedangkan Koordinator Bandung Bangkit Bersama, Ipong Witono mengatakan, sebagai warga yang ingin berkontribusi di saat wabah Covid-19. Pilihan Kecamatan Cicendo merupakan hasil diskusi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Nasional, Provinsi, dan Kota.

Tinggalkan Balasan