oleh

Patut Dicontoh! Babinsa Ini Sisihkan Gajinya untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19

KBB – Di tengah situasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19, semangat membantu sesama harus terus ditumbuhkan terutama dengan warga yang memiliki kesulitan ekonomi akibat pandemi ini.

Sebab, kebijakan pembatasan aktivitas berakibat pada pendapatan masyarakat lantaran harus berhenti bekerja. Padahal setiap hari kebutuhan akan selalu ada.

Hal tersebut yang mendasari Serma Iwan Setiawan, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu warga kurang mampu di wilayah binaannya.

“Di wilayah desa binaan saya, hampir 60 persen warga terkena imbas pandemi Corona Virus. Maka itulah, sebagai muslim, saya keluarkan zakat penghasilan sebanyak 2,5 persen untuk membantu keluarga prasejahtera, utamanya bagi lansia dan warga yang mengalami stroke,” kata Iwan, Jumat (17/4/2020).

Anggota Koramil 0901/Lembang Kodim 0609/Kota Cimahi itu mengaku tidak mengharap pujian dari orang. Namun, Iwan menginginkan langkah ini bisa mengetuk hati warga mampu lainnya untuk saling tolong menolong di tengah kesusahan yang dihadapi warga selama pandemi ini.

“Saya hanya ingin beramal, lagipula dalam aturan Islam, kita mesti sisihkan zakat penghasilan untuk membatu fakir miskin dan orang membutuhkan. Apalagi ketika saya turun menyambangi warga, banyak sekali warga yang kesusahan. Ternyata dampak Corona Virus ini terasa begitu parah,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.