Masih Banyak yang Tidak Disiplin, IDI Jabar Inginkan PSBB Segera Diperluas

BANDUNG – Ikatan Doketer Indonesia Jawa Barat (IDI Jabar) berharap Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jawa Barat dapat diperluas. Bukan hanya di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

Ketua IDI Jabar Eka Mulyana mengatakan, PSBB diharapkan mampu secara efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pihaknya sangat mendukung dengan diberlakukannya PSBB oleh Gubernur Jawa Barat di Bodebek. Bahkan, kedepannya tidak hanya daerah itu saja.

’’Seluruh kota di Jawa Barat diberlakukan PSBB lebih baik,” ujar Eka kepada Jabar Ekspres, (13/4).

Eka menilai upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 menjadi sangat penting dan semua lapisan masyarakat memiliki peran.

Sehingga penularan ini dapat diputus secara efektif, pasien yang datang ke rumah sakit juga akan berkurang jumlahnya.

“Kalau di masyarakat ternyata masih seperti kondisi normal, seperti tidak pakai masker, masih berkerumun, tidak cuci tangan, artinya kejadian makin meningkat pasien ke rumah sakit makin banyak dan kebutuhan APD juga mungkin lebih banyak lagi,” ungkap Eka.

Dia menambahkan, upaya pencegahan penularan Covid-19 tidak cukup hanya dengan himbauan. Sebab, untuk menegakan kedisiplinan masyarakat harus terus didorong agar masyarakat menyadari cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

’’Apabila nanti penularan ini bisa diputus secara efektif, secara otomatis pasien yang datang ke rumah sakit akan berkurang,’’kata dia. (mg7/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan