oleh

Kerahkan Babinsa Kodam III/Slw Lakukan Maping Berbasis Aplikasi SPIT

BANDUNG – Kodam III/Siliwangi rencananya akan melakukan pemetaan dengan mengembangkan aplikasi berbasis sisitem pelaporan terpadu (SPIT) dalam penanganan Covid-19.

Wakil Ketua Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Letkol Asep Sugiharto mengatakan, pemetaan ini bertujuan untuk penanganan penyebaran Covid-19 secara cepat.

’’Jadi nanti basis datanya real time di lapangan. Rencananya aplikasi tersebut digunakan mulai pekan depan,’’kata Asep di sela-sela pemberian bantuan sejumlah pihak untuk penanganan Covid-19 di Gedung Pakuan Bandung belum lama ini.

Untuk menunjang langkah ini Kodam III/Siliwangi akan mengerahkan seluruh Babinsa yang berjumlah lebih dari 6 ribu personil.

’’Nah ini dalam operasinal kerjanya mereka ditunjang aplikasi khusus dalam balutan sistem pelaporan informasi terpadu (SPIT),’’ucap dia.

Asep menilai, dalam kondisi pandemi, data memegang peran penting sebagai dasar untuk mengambil langkah penanganan. Sehingga, aplikasi itu di antaranya bisa lebih memperkuat identifikasi persoalan.

Dia memaparkan, secara teknis nanti penyebaran Covid-19 akan diperoleh titik akurasinya. Babinsa bersama Babinkamtibmas akan langsung berkoordinasi dengan RT dan RW.

Asep menuturkan, Dalam artian, salah satu permasalahan dilapangan adalah mengenai pergerakan warga yang sudah dinyatakan positif namun dissarankan untuk isolasi mandiri pulang di rumah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga