Banjir Masih Terjadi, Curug Jompong Perlu Didukung Sodetan Cisangkuy

BALEENDAH – Banjir yang menggenangi ditiga kecamatan di Kabupaten Bandung kondisinya tak kunjung surut. Padahal, keberadaan Curug Jompong atau Tersowongan Nanjung dan Danau Retensi sejauh ini sudah difungsikan secara maksimal.

Menanggapi kondisi itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, masih terendamnya sebagian wilayah di Kabupaten Bandung karena curah hujan yang sangat tinggi.

’’Kami mohon maaf kepada warga Kabupaten Bandung, curah hujan mengalami peningkatan empat kali lipat dalam tiga hari ini,’’kata Emil ketika melakukan kunjungan kepada korban banjir di Kecamatan Dayeuh Kolot, Rabu, (4/1).

Menurutnya, kapasitas Terowongan Nanjung sudah maksimal Tetapi banjir ini bisa berkurang apabila sodetan Cisangkuy selesai akhir tahun.
“Mudah-mudahan kita bisa mempercepat,” ujarnya.

Dia mengatakan, di tengah kondisi sekarang ini diakunya pekerjaan melambat, namun pihaknya akan berupaya memberikan keringanan kepada masyarakat disaat situasi seperti ini.

Emil mengaku, sudah berkoordinasi dengan kementerian PUPR Agar proses percepatan sodetan Cisangkuy. Sebab jika sodetan Cisangkuy itu selesai, maka air tidak banyak datang ke wilayah Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang ini.

“Karena proyek tersebut butuh waktu dan ada kendala, kami mohon maaf, mudah-mudahan cepat selesai sodetan Cisangkuy, melengkapi dengan Curug Jompong yang sudah maksimal,’’kata dia.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengakui, sejauh ini keberadaan Curug Jompong belum bisa 100 persen mengurangi banjir, akan tetapi jika sodetan Cisangkuy dan danau baru selesai dibuat masalah banjir akan selesai.

’’ Kita juga nanti akan bangun danau retensi baru di wilayah Andir Baleendah yang saat ini sedang di proses,” ujar dia (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan