Program Timnas Terkendala Covid-19

JAKARTA – Program Timnas Indonesia tak ada yang berjalan seiring merebaknya wabah Virus Corona di Indonesia. Meski tak ada program dan rangkaian pemusatan latihan banyak dibatalkan karena kebijakan PSSI, Manajer Pelatih Timnas Indonesia masih berada di Indonesia.

Menurut Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto, kepedulian Shin Tae Yong terhadap seluruh pemain sangat besar. Dia tahu, virus ini telah menjadi pandemi, karena itu kebijakan untuk tak menggelar pemusatan latihan dipilih. ”Karena bagi coach Shin Tae Yong, dia sangat mengutamakan kesehatan semua pemain,” terangnya.

Nova juga menjelaskan, sosok Shin Tae Yong sejauh ini masih berada di Indonesia. Menurutnya, dengan kondisi penyebaran virus dan lalu lintas penerbangan yang tak seperti biasanya seperti ini, terlalu riskan untuk kembali ke negaranya.

”Coach Shin Tae Yong tetap berada di Indonesia, ya, karena dia juga tak mungkin pulang ke Korea Selatan dengan keadaan yang seperti ini,” katanya.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Karawaci, Tangerang, Banten, yang rencananya digelar mulai 17 hingga 29 Maret 2020 terpaksa ditunda sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

”Seperti yang diketahui, dengan maraknya virus corona pada situasi saat ini, serta instruksi dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melalui Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria, timnas U-19 pun menunda pemusatan latihan di Karawaci,” ujar Nova Arianto, dilansir dalam laman resmi PSSI, Senin.

Program pemusatan latihan ini merupakan tahap ketiga setelah sebelumnya dilakukan Cikarang dan Thailand. Untuk di Cikarang sebagai proses seleksi pemain yang akan diberangkatkan ke Thailand.

Sementara di Thailand, tim banyak melakukan uji coba dengan beberapa klub dan tim universitas. Sebanyak enam kali uji coba, mereka lakukan saat di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand.

Timnas Indonesia U-19 ini dipersiapkan untuk menghadapi turnamen AFF di Indonesia dan AFC di Uzbekistan yang berlangsung tahun ini. Mereka terus mempersiapkan diri dengan mengadakan pemusatan latihan, rencananya dalam pemusatan latihan kali ini, tim nantinya akan diisi oleh 28 pemain terpilih.

Tak hanya menunda program pemusatan latihan, federasi juga harus menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga batas waktu yang belum ditentukan.  Kompetisi lainnya yang juga terkena imbas dari penyebaran Covid-19 ini yakni kompetisi futsal, sepak bola putri, hingga mempercepat TC timnas U-16. (jpnn/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan