Miris! Rohayati Serta Anak dan Cucu Rumahnya Hampir Ambruk, Bantuan Pebaikan Belum Juga Datang

PADALARANG – Rohayati, 47, warga Kampung Kepuh, RT 2/RW 11, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tinggal di rumah panggung yang kondisinya miring bahkan nyaris ambruk.

Kondisi rumah Rohayati jauh dari kata mewah. Hanya dibangun dengan material kayu dengan dinding terbuat dari bilik. Tak nampak ada barang-barang mewah selain televisi 14 inch yang gambarnya pun tak jelas-jelas amat.

Rohayati bercerita, kerusakan pada rumah panggung itu saat hujan deras beberapa bulan lalu. Dia yang tengah berada di rumah orangtuanya yang tak jauh dari rumahnya, kaget saat melihat rumahnya sudah dalam kondisi miring.

“Ya awalnya saat hujan deras, bulan November tahun kemarin. Pas saya cek ternyata rumahnya sudah miring. Genting atap sebelah kiri juga berjatuhan,” cerita Rohayati saat ditemui di kediamannya, Rabu (18/3).

Dia mengatakan, rumah itu dibangun pada tahun 2012 lalu hasil bantuan dari pihak desa. Namun, material bangunan yang digunakan hanyalah bambu dan kayu bekas hingga akhirnya tak bisa bertahan lama.

“Sekarang rumah ini hanya ditempati saat siang hari saja, kalau malam saya tidur di rumah orang tua karena kalau ada hujan dan angin takutnya ambruk,” ucapnya.

Dulunya, rumah Rohayati dibangun di atas tanah milik keponakannya, namun karena tanah tersebut akan dibangun rumah, dia terpaksa harus pindah ke tanah di sebelahnya yang saat ini ditempati.

“Kalau rumah yang sekarang tanahnya milik ibu saya. Pindah kesini tahun 2012 dengan bahan-bahan dari sisa rumah saya yang dulu. Jadi memang material bekas yang dipakai,” bebernya.

Janda Rohayati saat ini tak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Dia baru mendapatkan uang jika ada tetangga yang minta bantuan untuk mencuci. Karena hal itu pula, ia tak punya modal untuk memperbaiki sendiri rumahnya.

“Sudah ada yang survey kesini dan sudah diminta KTP dan KK. Katanya mau diperbaiki tapi hingga saat ini belum ada kepastian. Malahan sudah sering rumah ini difoto-foto. Kalau bisa bilang, mau diperbaiki syukur engga juga biarin aja,” ucapnya.

Di rumah ini, dia tinggal di bersama anak bungsunya yang masih duduk di bangku kelas 3 SD dan satu cucunya. Anak keduanya berada di Jakarta untuk bekerja dan anak pertamanya tinggal di Cianjur bersama keluarganya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan