Kawasan Wisata di Lembang Akhirnya Pilih Tutup 14 Hari, Sekitar 7.000 Wisatawan Lakukan Pembatalan

KBB – Penyebaran wabah corona virus atau Covid-19 di Indonesia, akhirnya berdampak pada sektor pariwisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satunya Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC), yang memutuskan untuk tutup selama dua minggu ke depan sejak Senin (16/3/2020). Sebab, selain untuk melakukan pencegahan, juga disebabkan oleh lesunya kondisi pasar akibat mewabahnya Covid-19.

“Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan penutupan selama 2 minggu sebagai antisipasi Covid-19. Dan melihat lesunya kondisi kunjungan wisatawan,” kata General Manajer Grafika Cikole, Sapto Wahyudi, saat ditemui di TWGC, Selasa (17/3).

Imbasnya, sekitar 7000 ribu tamu melakukan konfirmasi pembatalan kunjungan untuk seminggu ke depan. Pengunjung tersebut yang dijadwalkan akan melaksanakan outbond dan istirahat makan siang.

“Estimasinya itu 1000 tamu perhari melakukan pembatalan, hanya dari outbond dan yang sudah reservasi untuk makan saja. Belum ditambah yang menginap, mungkin bisa sampai 1200 tamu,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya masih melayani rombongan yang tetap melanjutkan jadwal kunjungan, namun hanya yang sebatas melakukan outbond dan makan.

“Dari 1000 tamu yang cancel kunjungan, ada paling 1 sampai 2 rombongan yang enggak mungkin cancel, karena mereka datang dari luar kota. Jadi kami tetap layani, tetapi dengan SOP, seperti pengecekan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer,” katanya.

Saat ini hanya 30 persen karyawan yang masih bekerja melayani kunjungan tersisa. Sedangkan sisanya sudah diberikan cuti selama 2 minggu dengan intervensi.

“Hanya 50 orang dari 180 orang yang masih masuk, karena ada sisa kunjungan. Tapi setelah kunjungan selesai, lalu bersih-bersih, mereka kita pulangkan. Kami intervensi mereka jangan sampai keluar rumah dan keluyuran,” bebernya.

Sapto mengungkapkan selama seminggu pihaknya mengalami kehilangan pendapatan hingga Rp 1 miliar. “Ya bisa sampai Rp 1 miliar kehilangan pendapatan akibat penutupan ini,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan