SD Intan Alsali Terapkan Kurikulum Tahfidz Alquran

BANDUNG – SD Intan Alsali menjadi salah satu sekolah berbasis Islami yang menerapkan program hafalan (tahfiz) Alquran kepada peserta didiknya. Selain menerapkan kurikulum yang diberlakukan oleh Dinas Pendidikan, sekolah yang berdiri pada tahun 2015 ini juga menerapkan kurikulum muatan yayasan. Sejak diberdirikan, sekolah ini baru memiliki lima tingkatan kelas.

Kepala Sekolah SD Intan Alsali, Sawirna mengatakan, perbedaan mata pelajaran yang diberikan terlihat di kurikulum muatan yayasan. Perbedaannya kata dia, terletak pada bahasa Arab, Alquran Hadis dan akidah akhlak.

“Itu merupakan program unggulan kami. Untuk ekstrakurikuler juga kami memiliki tahfiz. Alhamdulillah anak kelas 1 sudah ada yang hafal juz 30. Kami memang menargetkan anak-anak itu dari segi baca Alquannya dulu,” ujar Sawirna, saat ditemui Jabar Ekspres, di ruang kerjanya, Senin (24/2).

Program tahfiz Alquran ini sudah diadakan sejak SD Intan Alsali berdiri. Namun pada kepemimpinan Sawirna dibentuk target-target baru agar hafalan siswa tercapai.

“Walaupun dia masih kelas 1, kalau misalnya potensinya mampu, kami usahakan gitu. Anaknya tetap dimotivasi. Jadi setiap kelas itu ada target, misalnya kelas satu itu sampai surat Alfil. Kalau melebihi juga tidak masalah, malahan lebih bagus lagi kalau melebihi,” bebernya.

Tak cukup di situ, Sawirna melanjutkan, pihaknya juga terapkan pematangan kepada siswa yang dialakukan setiap hari. Kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan Alquran minimal satu ayat, setelah para siswa menggelar salat duha berjamaah.

“Kami juga sedang melakukan kegiatan yang erat kaitannya dengan literasi,” tandasnya. (mg7/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan