Penalti Ronaldo, Batalkan Kemenangan Milan

JAKARTA – Juventus berhasil mengimbangi tuan rumah AC Milan dalam leg pertama semifinal Coppa Italia di San Siro, Jumat (14/2). Tim tamu butuh satu kartu merah dan tendangan penalti demi mengimbangi tuan rumah 1-1.

Tuan rumah unggul lebih dulu melalui Ante Rebic, sebelum Theo Hernandez diusir karena menerima kartu kuning kedua dan akhirnya Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan melalui titik putih.

Hasil itu cukup menjadi modal positif bagi Juventus yang akan bergantian menjamu Milan di Turin pada awal Maret nanti. Terlebih lagi, Milan bukan saja hanya kehilangan Hernandez di laga kedua, tetapi juga Samu Castillejo dan Zlatan Ibrahimovic, lantaran keduanya menerima kartu kuning dan harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

Milan tampil begitu tajam sepanjang babak pertama, tetapi kiper gaek Gianluigi Buffon tampil gemilang dengan menggagalkan peluang Davide Calabria serta Rebic.

Babak kedua Juventus mulai menemukan ritme permainan mereka, tetapi Buffon masih jadi penjaga gawang yang lebih banyak disibukkan untuk menghalau tembakan Rebic dan Hernandez. Sayangnya, gawang Buffon akhirnya kebobolan pada menit ke-61 ketika ia tak mampu menjangkau bola tendangan voli Rebic yang menyambut umpan silang Castillejo.

Nasib Juventus seperti membaik ketika Hernandez terlambat berusaha merebut bola dari penguasaan Paulo Dybala dan jegalannya justru mengenai kaki pemain Argentina tersebut, sehingga wasit memberikan kartu kuning kedua, mengusirnya dari lapangan.

Ketimpangan jumlah pemain tersebut dimanfaatkan dengan sempurna oleh Juventus, tetapi peluang Dybala pada menit ke-84 masih melenceng di sisi gawang.

Pada menit ke-88 Ronaldo berusaha melakukan tendangan akrobatik dan bola mengenai tangan Calabria yang wajahnya bahkan tak melihat arah datangnya bola, tetapi wasit meninjau tayangan ulang VAR sebelum menghadiahkan tendangan penalti untuk Juventus.

Ronaldo memanfaatkan kesempatan itu dengan baik memperdaya kiper Gianluigi Donnarumma demi menyamakan kedudukan. Kedudukan imbang bertahan hinga peluit akhir, setelah Miralem Pjanic membuang kesempatan untuk membawa Juventus berbalik unggul demikian juga tembakan penyelesaian Franck Kessie terlalu jinak untuk diamankan Buffon. 

Opta Paolo mencatat, hasil ini sekaligus membuat AC Milan mengakhiri sembilan kekalahan beruntun melawan Juventus di semua kompetisi. (ant/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan