Empat Calon Ketum PAN Memanas

JAKARTA– Empat kandidat telah memperoleh kursi berebut ketua umum PAN pada kongres V yang dimulai, Senin (10/2) di Kendari. Kondisi yang diharapkan dapat memutus tren aklamasi yang terjadi dalam suksesi kepemimpinan parpol akhir-akhir ini.

Pendaftaran calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) dibuka sejak Sabtu (8/2). Tiga kandidat telah mendaftar. Mereka adalah Mulfachri Harahap, Dradjad Wibowo, dan Asman Abnur. Sementara itu, Zulkifli Hasan selaku petahana bahkan dikabarkan mendaftar di arena kongres, Kendari.

”Empat kandidat itu adalah kader-kader terbaik. Mereka semua adalah petarung,” kata Sekretaris Komite Pengarah (SC) Kongres V PAN Saleh Partaonan Daulay kemarin.

Dia menyetujui, empat calon ketua umum PAN periode 2020-2025 sama-sama serius berkompetisi. Tidak disukai maju untuk meramaikan bursa ketua umum di kongres. ”Tidak ada istilah calon penggembira. Semua serius berkompetisi,” paparnya.

Keseriusan para caketum terlihat dari kecerdasan mereka dalam menyasar pendukung. Mereka menjaring dukungan pemilih dengan cara dan strategi masing-masing. Keempat kandidat yang maju, Papar Saleh, sama-sama punya kemampuan dan integritas yang baik. “Kami Beruntung sekali punya caketum yang sama-sama punya kapasitas mumpuni. Mereka kader-kader PAN terbaik,” ujar anggota DPR itu.

Jika melihat portofolio dan peta kekuatan para calon ketua umum, opsi aklamasi peluang memang sulit terwujud. Sebab, empati calon yang muncul saat ini sama-sama punya basis dukungan DPW dan DPD. Di belakang mereka, juga ada tokoh-tokoh senior PAN. Sebut saja Amien Rais, Hatta Rajasa, dan Soetrisno Bachir. Para tokoh itu punya preferensi calon yang berbeda-beda.

Tim sukses para kandidat juga selalu tidak mendukung. Misalnya tim Zulkifli Hasan. Sebagai tim petahana, mereka yang beruntung didukung oleh 382 pemilik suara. ”Artinya, separo lebih pemilih ke kami. Dukungan untuk Bang Zulhas (Zulkifli Hasan, Red) masih ikut, ”klaim Totok Daryanto, loyalis Zulhas, kemarin.

Meski demikian, jumlah tersebut menyusut dari angka awal. Awal Januari lalu Zulhas menerima lebih

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan