Implementasi Bandung Seribu Kampung

menjadi kampung aren sebagi mengahasilkan gula Aren terbesar di wilayah Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Menanggapi program bulan menanam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah menjelaskan, Kabupaten Bandung memiliki asset yang luar biasa khusunya dibidang potensi alam dan lingkungan. ” Karena memiliki potensi wilayah PTPN dan Perhutani, pemerintah Kabupaten Bandung melakukan kerjasama untuk pemanfaat berbasis konservasi,” akunya.

Asep menjelaskan, saat ini alam sudah banyak meminta pertolongan karena kondisinya sebagian rusak karena perlakukan oknum. Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada semua warga Kabupaten Bandung untuk bersama sama menjaga dan melestarikan alam.

”ketikan konservasi diberlakukan, masyarakat kabupaten bandung tidak akan lagi saat kemarau kekurangan air dan saat musim hujan kebanyakan air bahkan bisa kebanjiran. Dengan demikian, mari bersama menjaga alam bersama sama,” tuturnya.

Sementara itu, Administratur Perhutani KPH Bandung Selatan Tedy Sumarto mengakui pihak pemerintah Kabupaten Bandung, Perhutani dan masyarakat hutan sudah menjalin kerjasama untuk pemanfaat hutan social.

”Intinya hutan ini harus tetap dijaga agar lestari, namun masyarakat disekitarnya tetap sejahtera. Kami (Perhutani) bersama pemerintah Kabupaten Bandung konsen bekersama untuk pemanfaat hutan berbasis konservasi,” akunya.

Menurut Tedy, pihaknya melakukan kerjasama untuk pemanfaat hutan agar masyarakat sejahtera. Dengan konsep hutan ceria, masyarakat hutan, pemerintah desa akan membentuk wisata dengan konsep alam.

”saat orang atau pengunjung datang ke lokasi wisata alam tersebut, akan merasakan wisata yang berbeda dengan lokasi lain. Karena memang kami buat wisata dengan konsep yang memberikan edukasi dan pembelajaran tentang menjaga alam,” pungkasnya.

Sugianto menambahkan, untuk mending meningkatkan perekonomian masyarakat. pihaknya mendorong pemerintah Kabupaten Bandung agar melakukan perbaikan inflastruktur jalan dan segera membangun sarana kesehatan di Desa Cipelah. “ walau masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan. beberapa fasilitas sudah menunjang khususnya sarana transporrasi jalan, kami akan mendorong dinas terkait agar segera melakukan perbaikan guna meningkatkan pembangunan di Rancabali,” tegasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan