SMA 9 Kerjakan Soal Try Out Melalui Tablet

BANDUNG-Sekolah Menengah Atas (SMA) 9 Negeri Bandung menggelar try out bagi siswa kelas XII untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 3-4 Februari 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini, siswa mengerjakan try out menggunakan tablet. Sebanyak 376 tablet merupakan pemberian Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS) kinerja.

Kepala SMA 9 Negeri Bandung, Agus Setia Mulyadi menuturkan, pihak sekolah amat terbantu dengan adanya tablet tersebut. Dengan 376 tablet yang diberikan, selain lebih efisien dari kertas, penggunaan tablet menjadi salah satu upaya sekolah untuk mendorong digitalisasi pembelajaran di sekolah.

“Setelah try out, kita akan manfaatkan untuk persiapan ujian sekolah ke depan,” ungkapnya, Selasa (4/2) dilansir dari disdikjabarprov.go.id.

Meski demikian, lanjut Agus, ada beberapa kendala yang sempat ditemui. Salah satunya, perawatan tablet. Karena, untuk sementara, pelaksanaan try out, tablet dipinjamkan dan dibawa oleh siswa. Namun, sejauh ini kendala tersebut bisa teratasi karena siswa diwajibkan segera melapor jika ada kendala pada fungsi tablet.

“Secara umum, mereka antusias menggunakan tablet,” ucapnya.

Ke depan, sekolah akan mengoptimalkan pemanfaatan tablet tersebut dengan menyelaraskan layanan tablet dengan edubox. “Selain itu, kita juga akan isi tablet tersebut dengan berbagai e-book. Sehingga, siswa tak perlu lagi membawa buku pelajaran karena semua sudah ada di sana,” pungkasnya. (dsdkjbr/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan