oleh

54 Ahli Cagar Budaya Terima Sertifikat Kompetensi

BANDUNG – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar menyerahkan sertifikat kompetensi kepada 54 ahli cagar budaya di kantor Disparbud Jabar, Kota Bandung.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik menyatakan, penyerahan sertifikat itu bertujuan supaya ahli cagar budaya di 27 kabupaten/kota benar-benar kompeten dalam mengawasi dan mengkaji keberadaan cagar budaya di wilayahnya.

”Ahli cagar budaya harus punya kompetensi. Di setiap kabupaten/kota itu minimal ada lima (ahli cagar budaya) yang bersertifikasi. Diharapkan ini bisa untuk mengawasi, mengkaji keberadaan cagar budaya di masing-masing kabupaten/kota,” kata Dedi, melalui keterangan tertulis yang diterima Jabar Ekspres, belum lama ini.

Baca Juga:  Animasi Ikonik 'Adit Sopo Jarwo' Diangkat ke Layar Lebar, Begini Sinopsisnya

”Mereka akan mengkaji cagar budaya dan gedung heritage dan melakukan rekomendasi apabila ada pengajuan,” tambahnya.

Adapun pengajuan yang dimaksud Dedi adalah benda, kawasan, gedung, maupun situs untuk menjadi cagar budaya. Nantinya, kata dia, rekomendasi pengajuan tersebut akan dibahas dan ditetapkan oleh pemda setempat.

”Saya pikir, kebudayaan menjadi kekuatan bagi pariwisata. Di Cirebon ada Kota Tua. Itu dilihat jenis arsitektur seperti apa, waktu pembuatan sejak kapan. Mereka akan mengkaji untuk itu. Sehingga, setelah ditetapkan menjadi cagar budaya berarti akan ada pengawasan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga