BPJamsostek Beri Bantuan Korban Longsor DPT

CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau disebut BPJamsostek Cabang Cimahi menyebutkan, proses inventarisir dampak kerusakan yang dialami warga akibat longsor Dinding Penahan Tanah (DPT)  rampung dikerjakan.

Hasilnya, ada tiga rumah warga dan satu masjid di Kampung Kebon Mangga, RT 04 RW 20 Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi yang mengalami kerusakan saat longsor terjadi pada Selasa (28/01) sore. Selain itu, saluran air juga sempat tertutup material longsor.

”Dalam proses inventarisir, kami melibatkan pihak kelurahan, Ketua RW dan RT. Ada tiga rumah yang terdampak setelah diinventarisir,” kata Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Cimahi Aang Supono, melalui pers rilis yang diterima Jabar Ekspres, Minggu (2/2).

Sebagai bentuk tanggung jawab, kata Aang, BPJamsostek Kantor Cabang Cimahi langsung memberikan bantuan senilai Rp 25 juta yang diserahkan kepada warga pada Jumat (31/1).

”Kami turut berduka atas musibah ini semoga dengan bantuan ini dapat meringakan beban warga yang terdampak dan kami harap apa yang kami berikan dapat bermanfaat sepenuhnya,” tutur Aang.

Setelah meberikan bantuan kepada warga terdampak longsor, lanjut Aang, pihaknya akan fokus pada normalisasi saluran air dan perbaikan renovasi Masjid Ar-Rahman beserta pemenuhan perlengkapan masjid yang juga turut terdampak musibah longsor tersebut.

Benteng yang longsor sendiri milik BPJamsostek yang memang terletak di belakang kantor. Benteng itu dibangun untuk mencegah agar tebing tersebut tidak longsor. Rencananya, benteng yang akan dibangun mencapai 30×15 meter, dengan anggaran mencapai Rp 494 juta.

”Sebenarnya, yang longsor itu yang belum selesai dibangunnya,” ucap Aang.

Perihal penyebab, pihaknya menampik karena adanya kelalayan dalam pembangunan benteng tersebut. Menurut Aang, penyebabnya adalah faktor alam.

”Karena cuaca ekstrem, faktor alam. Terus tanahnya juga labil,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua RT 04, Suwanto mengatakan, longsor DPT milik BPJamsostek itu membuat masjid mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu, luapan air akibat tertutupnya saluran oleh material longsor membuat rumah warga ikut terdampak.

”Perabotan kan rumah yang samping masjid kena semua. Kalau masjid dinding sama peralatan yang ada di dalamnya juga ikut terdampak,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan