Pelestarian Alam Melalui Konsep Wisata Arboretum

RANCABALI – Untuk meningkatkan perekonomian Masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung ciptakan inovasi wisata alam dengan konsep arboretum park.

Kepala Desa Alamendah Awan Rukmawan mengatakan, pengembangan wisata alam dengan konsep wisata arbotarium bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga dan pelestarian lingkungan.

“Kami akan mengembangkan wisata alam dengan seluas 10 hektare di petak 80.A Blok Cigadog, tepatnya di Ciwidey hulu Citarum. Hal itu dilakukan atas restu, kerjasama dan dorongan KPH Jabar Banten,” kata Awan saat ditemui dilokasi, Sabtu (1/2).

Menurutnya, untuk langkah awal membentuk konsep wisata arboretum park alamendah. Pihaknya bersama 120 Warga yang tergabung di Badan usaha milik desa (Bumdes) melakukan penanaman berbagai jenis pohon unggulan di Indonesia.

“Hingga saat ini (01/02/20), sudah 4.763 Pohon sudah ditanam, dengan 12 jenis pohon. diantaranya pohon Mekadamia, kaliptus, kayu manis,  pucuk merah,  mahoni dan lainnya,” jelasnya.

Awan menjelaskan, selain menanam pohon unggulan yang ada di Kabupaten Bandung. Pihaknya mendatangkan pohon unggulan dari luar jawa, bibit pohon Zembesi dari jawa tengah dan Jawa timur. ” Tujuan kegiatan ini selain menghadirkan obyek wisata baru juga untuk Pengembangan dan pemberdayaan  masyarakat Desa melalui peningkatan ekonomi melalui wisata arboretum dengan konsep kealamian alam yang dihiasi pepohonan Langka,” akunya.

Lebih lanjut Awan menjelaskan, konsep wisata alam arboretum park alamendah menjadi pailprojek kementrian wisata. Sebab, konsep yang sama baru ada di empat daerah di Indonesia. ” Hasil persentase bersama kementerian wisata, konsep wisata arboretum park alamendah ini merupakan lokasi Ke empat di wilayah NKRI,”tuturnya.

Awan menambahkan, dengan dibukanya obyek wisata Arboretum tersebut. selain memberikan pengetahuan tentang jenis Tanaman Langka juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Asli Desa (PAD)  demi untuk peningkatan perekonomian dan pembangunan masyarakat Alamendah.

“Saya optimistis konsep wisata alam arboretum park alamendah ini, bisa mendorong perekonomian warga dan menyerap tenaga kerja. Selain itu, akan menjadi wisata unggulan Kabupaten Bandung,”pungkasnya. (rus)

Tinggalkan Balasan