oleh

Belum Bisa Evakuasi WNI yang Tertahan

CIMAHI – Sejumlah Warga negara Indonesia (WNI) yang hingga saat ini masih berada di sejumlah wilayah Tiongkok hingga saat ini belum bisa dievakuasi. Mereka masih terisolasi atas ditutupnya sejumlah kota oleh Pemerintah China akibat persebaran virus Corona.

Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, pemerintah memiliki opsi untuk melakukan evakuasi WNI yang berada di 15 kota yang terpapar virus Corona, namun pemerintah belum bisa mengambil tindakan. Sebab, ke-15 kota tersebut masih tertutup akibat penyebaran virus Corona yang semakin intensif.

”Yang berkaitan evakuasi WNI yang ada di Wuhan dan 15 kota lain yang di-lock tentu saja pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi, tapi sekali lagi kota-kota itu masih dikunci,” papar Jokowi usai berkunjung ke Cimahi Techno Park, Rabu (29/1).

Dengan ditutupnya 15 kota di Tiongkok, besar kemungkinan masyarakat khususnya WNI baik mahasiswa maupun masyarakat Indonesia yang berada di sana akan mengalami kesulitan dari segi logistik. ”Ini nanti mungkin dalam 4-5 hari ini urusan logistik yang akan dicarikan solusi,” ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi menerangkan, sebelum ada tindakan, hal paling penting dilakukan saat ini adalah menjalin komunikasi dengan para WNI yang terisolir di 15 kota tersebut untuk memantau kondisinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga